Course Hero Logo

Nanda Shifa Sherina 26050120120035 Oseanografi A Paper OsBi.pdf

Course Hero uses AI to attempt to automatically extract content from documents to surface to you and others so you can study better, e.g., in search results, to enrich docs, and more. This preview shows page 1 - 4 out of 10 pages.

TUGAS PAPEROSEANOGRAFI BIOLOGIDisusun Oleh :Nanda Shifa Sherina26050120120035Oseanografi ADosen Pengampu :Ir. Agus Anugroho Dwi SuryoputroNIP. 1959072411987031003DEPARTEMEN OSEANOGRAFIFAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTANUNIVERSITAS DIPONEGOROSEMARANG2021
PENDAHULUAN1.1 Latar BelakangKata oseanografi adalah kombinasi dari dua kata yunani: oceanus (samudera) dangraphos (uraian/deskripsi) sehingga oseanografi mempunyai arti deskripsi tentang samudera.Tetapi lingkup oseanografi pada kenyataan lebih dari sekedar deskripsi tentang samudera, karenasamudera sendiri akan melibatkan berbagai disiplin ilmu jika ingin diungkapkan.Oseanografi diartikan secara sederhana sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentanglautan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oseanografi ini merupakan ilmu perpaduandari bermacam-macam ilmu dasar seperti ilmu tanah (geologi), ilmu bumi (geografi), dan ilmuiklim (meteorology) (Hutabarat dan Evans ,2000). Banyak faktor yang mempengaruhi kehidupandi laut seperti fisik, kimia dan biologi (Romimohtarto 2001)Oseanografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lautan. Oseanografi merupakanilmu yang memadukan ilmu-ilmu lain, seperti ilmu fisika (physics) yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dan temperatur air laut, kimia(chemistry), yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, dan yang terakhir ilmu hayat(biology) yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biotadi laut (Jaelani,2011). Saat ini oseanografi merupakan suatu sumber penelitian yang aktif danberkembang yang menyebardi seluruh dunia (Hutabarat dan Evans,1985).Biologi kelautan atau oseanografi biologis adalah cabang ilmu biologi yangmempelajari eksositem makhluk hidup di samudra. Ada banyak alasan untuk mempelajaribiologi kelautan. Laut menyediakan sumber makanan, obat, bahan dasar, rekreasi dan pariwisata.Biologi kelautan mencakup skala yang luas, dari mikro seperti plankton dan fitoplankton sampaihewan besar seperti paus. Walaupun laut menutupi 71% permukaan planet Bumi, karenakedalamannya laut meliputi sekitar 300 kali volume yang ditinggali manusia.
PEMBAHASANA.CABANG-CABANG ILMU OSEANOGRAFIOseanografi berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari dua kata Oceanos (Laut)Graphos (Gambaran atau deskripsi). Oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan(eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya.Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajarilaut,samudra beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. Secaraumum, oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: geologioseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut; fisika oseanografiyang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dantemperatur air laut; kimia oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, danyang terakhir biologi oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan denganflora dan fauna atau biota di laut.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 10 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
NoProfessor
Tags

Newly uploaded documents

Show More

Newly uploaded documents

Show More

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture