MAKALAH NERACA - BAB I PENDAHULUAN Komite Standar Akuntansi Pemerintahan(KSAP telah menyusun draft Standar Akuntansi Pemerintahan(SAP yang akan

MAKALAH NERACA - BAB I PENDAHULUAN Komite Standar Akuntansi...

This preview shows page 1 - 3 out of 16 pages.

BAB I PENDAHULUAN Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) telah menyusun draft Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang akan diberlakukan untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Penyusunan laporan keuangan pemerintah nanti harus mengacu kepada SAP tersebut. Sebagai langkah antisipasi untuk membantu implementasi SAP, KSAP memandang penting untuk memberikan panduan, yaitu dengan mengidentifikasi berbagai permasalahan yang mungkin akan dihadapi oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai entitas pelaporan. Salah satu permasalahan penting adalah penyusunan neraca awal. Penyusunan neraca awal sangat penting bagi pemerintah dalam penerapan SAP. Neraca awal merupakan titik tolak dan akan menjadi dasar untuk memulai pencatatan transaksi akuntansi pada periodeperiode berikutnya. Dengan adanya neraca awal, maka pencatatan transaksi pada periode-periode berikutnya dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang salah satunya adalah neraca akan lebih mudah. Oleh karena itu, Komite menganggap perlu menyusun pedoman dalam bentuk Buletin Teknis Penyusunan Neraca Awal ini. Buletin teknis adalah informasi yang diterbitkan oleh KSAP yang memberikan arahan/pedoman secara tepat waktu untuk mengatasi masalah-masalah akuntansi maupun pelaporan keuangan yang timbul. Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan yang menyatakan bahwa: 1. Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) dapat dilengkap dengan Buletin Teknis yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SAP. 2. Buletin Teknis disusun dan ditetapkan oleh KSAP. Dengan ini KSAP menetapkan Buletin Teknis Nomor 02 Tahun 2005 tentang Penyusunan Neraca Awal Pemerintah Daerah sebagai pedoman bagi instansi pemerintah daerah dalam menyusun neraca awal sesuai dengan SAP. Buletin Teknis Penyusunan Neraca Awal dimaksudkan untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul dalam menyusun neraca awal. Buletin teknis ini 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

harus dibaca dan diterapkan dalam lingkup Kerangka konseptual dan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan. Tujuan disusunnya Buletin Teknis Penyusunan Neraca Awal ini adalah membantu entitas pelaporan dalam menyusun neraca awal yang sesuai dengan SAP. Sistematika buletin teknis ini disusun menurut pos-pos neraca, meliputi: Aset Lancar, Investasi, Aset Tetap, Dana Cadangan, Aset Lainnya, dan Kewajiban. Dalam setiap pos dijelaskan mengenai definisi, klasifikasi, uraian ringkas (termasuk pengakuan, penilaian, dan pengungkapan), dan kasus-kasus yang berhubungan dengan masingmasing komponen dan pemecahannya. Buletin Teknis ini juga dilengkapi dengan jurnal agar dapat dihasilkan buku besar untuk masing-masing pos dalam neraca. Pada bagian akhir diberikan contoh format neraca awal. Buletin Teknis ini dibuat dengan asumsi bahwa neraca awal pemerintah pusat disusun secara desentralisasi, artinya setiap kementerian negara/lembaga menyusun neraca awal. Neraca awal pemerintah daerah disusun secara sentralisasi, artinya neraca awal disusun oleh satuan kerja pengelola keuangan daerah.
Image of page 2
Image of page 3
  • Winter '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes