BAB 2 - BAB II TINJAUAN PUSTAKA.1 Audit Internal Internal audit merupakan integrator dan akselerator seluruh bisnis perusahaan juga agen yang paling pas

BAB 2 - BAB II TINJAUAN PUSTAKA.1 Audit Internal Internal...

This preview shows page 1 - 4 out of 24 pages.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA .1 Audit Internal Internal audit merupakan integrator dan akselerator seluruh bisnis perusahaan juga agen yang paling pas untuk mewujudkan Internal Control, Risk Manajemen t dan Good Corporate Governance yang pastinya akan memberi nilai tambah bagi sumber daya manusia dan perusahaan (Kumaat, 2010). Auditor internal merupakan suatu aktivitas assurance yang objektif dan konsultasi yang independen, yang dirancang untuk memberi nilai tambah dan memperbaiki operasi suatu perusahaan. Aktivitas ini membantu organisasi mencapai tujuannya melalui suatu pendekatan yang sistematis dan disiplin untuk mengevaluasi dan memperbaiki efektivitas proses manajemen risiko, kontrol, dan tata kelola. (Sawyer, 2005) 1.1 Pengertian Audit Internal Ilmu akuntansi merupakan ilmu pengetahuan yang luas yang terpecah menjadi berbagai klasifikasi diantaranya audit. Audit atau pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor . Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima. 8
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

9 Pada awal perkembangan, kata auditing berasal dari bahasa latin "auditee" yang berarti mendengarkan dimaksudkan untuk menentukan kebenaran dari laporan keuangan dengan mencari dan menemukan tindak kecurangan maupun kesalahan perhitungan. Saat ini pengertian auditing lebih terarah kepada pemberian pendapat atas kewajaran laporan keuangan dalam pemeriksaan iaporan keuangan. Menurut Arens, Eider dan Beasley ( 2010 ) : Auditing adalah akumulasi dan evaluasi bukti tentang informasi untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian antara informasi dan kriteria yang telah ditetapkan. Audit harus dilakukan oleh seorang yang kompeten, orang independen.” Berdasarkan judul yang dipilih penulis akan membahas audit dibidang audit internal. Berikut ini penjelasan audit internal berdasarkan pemikiran para ahli. Audit Internal menurut Tugiman (2006) : “Audit Internal adalah suatu fungsi penilaian yang independen yang ada dalam suatu organisasi dengan tujuan untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasi yang dilaksanakan” Institute of Internal Auditor (IIA) (2009) : “Audit Internal adalah suatu kegiatan assurance dan consulting yang independen dan objektif yang dirancang untuk menambah dan meningkatkan operasi suatu organisasi. Kegiatan-kegiatan tersebut membantu organisasi yang bersangkutan mencapai tujuan-tujuannya dengan mengevaluasi dan memperbaiki efektivitas proses manajemen risiko, pengendalian, tata kelola melalui pendekatan yang teratur dan sistematik”
Image of page 2
10 Audit internal menurut Sawyers (2005) : “Audit internal adalah sebuah penilaian yang sistematis dan objektif yang dilakukan auditor internal terhadap operasi dan kontrol yang berbeda-beda dalam organisasi untuk menentukan apakah informasi keuangan dan
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
  • Winter '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes