Peraturan Akuntansi untuk Pelaporan Interim

Peraturan Akuntansi untuk Pelaporan Interim - Hal 158...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Hal 158 Peraturan Akuntansi untuk Pelaporan Interim PSAK 3 menstandarisasi penyusunan dan pelaporan-laporan laba rugi interim. Standar tersebut mendefinisikan elemen laba rugi dan pengukuran biaya berdasarkan sebuah basis interim. Standar tersebut juga memberikan panduan untuk tindakan akuntansi atas divestasi, pos luar biasa, transaksi yang tidak biasa terjadi ataupun tidak sering terjadi, serta kewajiban bersyarat pada laporan keuangan interim. Bahkan termasuk penyajian dan pengungkapan laporan keuangan interim. Perubahan dalam kebijakan akuntansi juga didiskusikan pada standar ini. Secara khusus, perubahan dalam prinsip akuntansi untuk laporan keuangan interim diberlakukan sama dengan perubahan prinsip dan metode akuntansi sebagaimana yang diatur melalui PSAK 25 tentang “Laba Rugi untuk Periode Berjalan, Kesalahan Mendasar, dan Perubahan dalam Kebijakan Akuntansi”. Mengacu pada PSAK 25, perubahan dalam kebijakan akuntansi semestinya diaplikasikan dengan melaporkan setiap penyesuaian pada perriode sebelumnya sebagai sebuah penyesuaian untuk memulai saldo laba, kecuali jika jumlahnya tidak bisa ditentukan secara wajar. Perusahaan harus mengungkapkan perubahan tersebut dalam catatan laporan keuangan jika akan ada perubahan dalam kebijakan akuntansi pada periode interim berikutnya. PSAK 3 juga mengangkat permasalahan sulit yang berhubungan dengan pengukuran ketetapan pajak untuk laporan keuangan interim jika beban pajak aktual didasarkan atas laba rugi tahunan. Pada akhir periode interim , perusahaan harus membuat ketetapan pajak penghasilan. Akuntansi untuk pajak penghasilan dalam laporan keuangan interim harus sejalan dengan kebijakan akuntansi untuk pajak penghasilan tahunan. STANDAR PELAPORAN UNTUK LAPORAN LABA RUGI INTERIM Bentuk laporan keuangan interim sama dengan bentuk laporan laba rugi tahunan. Terdapat beberapa perbedaan dalam pengukuran komponen laba tertentu karena periode waktu yang lebih pendek. Secara umum, standar akuntansi yang digunakan untuk laporan interim sama dengan yang digunakan untuk laporan tahunan, walapun PSAK 3 memberikan bantuan teknis yang memadai untuk mengukur dan melaporkan atas basis interim.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Figur 13.5 Tinjauan Prinsip Akuntansi Laporan Laba Rugi Interim Pendapatan Diakui telah diperoleh selama periode interim menggunakan dasar yang sama dengan yang digunakan untuk pelaporan tahunan. Harga Pokok Penjualan Biaya produk untuk periode interim diakui menggunakan dasar yang sama dengan yang digunakan untuk pelaporan tahunan, kecuali untuk interim Estimasi presentase laba kotor dapat digunakan untuk mementukan harga pokok penjualan interim Metode penilaian yang terendah antara biaya perolehan dan pasar memungkinkan pulihnya kerugian karena adanya peningkatan harga pasar di periode interim berikutnya dalam tahun fiskal yang sama.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern