UNIMUS-Bahan Tumpatan - SKENARIO 2 Bahan Tumpatan Pasien A...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

SKENARIO 2 Bahan Tumpatan Pasien A, B, dan C berusia 20 tahun datang ke RSGMP UNIMUS untuk melakukan perawatan gigi. Gigi Pasien A ditumpat dengan tumpatan sementara, dan 3 hari kemudian dia datang untuk melakukan kontrol gigi. Dokter gigi memberinya obat dan tumpatan permanen setelah rasa sakitnya hilang. Gigi Pasien B ditumpat dengan tumpatan sementara, dan 2 minggu kemudian ia datang untuk melakukan kontrol gigi. Dokter gigi melakukan pemberian tumpatan permanen. Bahan tumpatan memiliki warna yang sama dengan giginya. Gigi Pasien C ditumpat dengan bahan dasar kemudian langsung dilakukan pemberian tumpatan permanen (warna bahan tumpatan permanen adalah perak). TUGAS: 1. Diskusikan permasalahan di atas dengan menggunakan The Seven Jump. 2. Pada langkah ketujuh, cantumkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis yang mendukung skenario di atas. Tujuan Pembelajaran Umum: Mahasiswa mampu menjelaskan perawatan dan seleksi kasus konservasi gigi. Tujuan Khusus: 1. Mahasiswa mampu menjelaskan macam, ciri, fungsi dan cara pemakaian instrumen konservasi gigi. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan macam bahan restorasi: - Bahan restorasi sementara (indikasi dan kontraindikasi, klasifikasi, macam, sifat, cara pemeliharaan). - Bahan restorasi permanen (indikasi dan kontraindikasi, macam, teknik aplikasi). 3. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan komposisi, fungsi, unsur, sifat dan cara manipulasi bahan restorasi dalam konservasi gigi.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

SUPLEMEN Dokter gigi saat ini memiliki banyak pilihan bahan ketika merestorasi gigi, meliputi amalgam, komposit, semen ionomer kaca, foil emas, logam cor/cetakan, keramik, dan logam keramik. Namun, situasi klinis tertentu akan mempersempit cakupan pilihan tersebut. Keputusan klinis pemilihan bahan restorasi cukup kompleks, melibatkan faktor yang berhubungan dengan gigi, pasien, dokter, dan sifat bahan restorasi. Bahan restorasi individu idealnya diaplikasikan dalam satu set situasi klinis, tidaklah mungkin mengganti satu bahan dengan bahan lainnya dengan leluasa dan mengharapkan keberhasilan jangka panjang. Karena laporan ini akan dibaca oleh individu dengan pengetahuan tentang gigi terbatas sampai ahli, bab ini diawali dengan pembahasan latar belakang dari beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih bahan restorasi untuk situasi klinis tertentu. Faktor-faktor tersebut meliputi diagnosis karies gigi, pilihan bahan dan perawatan, sifat bahan restorasi, daya tahan bahan, dan juga diagnosis kegagalan restorasi. Dalam bab ini juga akan dijelaskan mengenai deskripsi singkat mengenai semua bahan restorasi posterior, termasuk keuntungan dan kerugiannya, serta indikasi dan kontraindikasi dalam penggunaannya. Diagnosis Karies Gigi Bakteri penghasil karies bersemayam di rongga mulut setiap orang yang memiliki gigi, dengan demikian, peluang bagi karies untuk memanifestasikan diri akan selalu ada. Setiap individu dapat mengupayakan perawatan dari dokter gigi ketika mereka menyadari karies di dalam mulut mereka atau juga ketika merasakan nyeri, perubahan warna, rasa atau bau yang tidak enak, tajamnya tepi gigi atau resotrasi dirasakan oleh lidah, atau bintik gelap pada gigi.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '16
  • Mr.Lambang

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern