efaktur feat SIA - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang penelitian Perkembangan teknologi berjalan sangat pesat termasuk di bidang komunikasi. Salah satu pengaruh dari teknologi komunikasi adalah perkembangan pengolahan data. Sistem informasi terus mengalami perubahan sehingga diperlukan penyesuaian setiap waktu. Penyesuaian dilakukan jika timbul masalah atau jika ada kebutuhan baru. Sistem Informasi Akuntansi memberikan manfaat yang besar untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan. Secara tipikal, suatu sistem dikatakan berhasil jika dipenuhi tiga kondisi yakni : penggunaan dari sistem tersebut meningkat, persepsi pemakai atau kualitas sistem lebih baik dari sebelumnya, atau kepuasan pemakai informasi. (Susilatri, Amris Rusli Tanjung, dan Surya Pebrina : 2010) Penerapan suatu sistem pada perusahaan dihadapkan pada dua hal, apakah perusahaan mendapatkan keberhasilan penerapan sistem atau kegagalan sistem (Delone dan Raymond 1998, dalam Acep Komara 2006). Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya dan memenuhi kebutuhan masyarakat sangat tergantung dari kinerja perusahaan dan manajer perusahaan di dalam melaksanakan kinerja mengarah pada tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan dalam periode tertentu pertanggungjawabannya (As’ad dalam Ida Ayu 2008).
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
2 Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dapat menanmbah nilai bagi suatu perusahaan dengan menghasilkan informasi yang akurat dan tepat waktu. Perkembangan teknologi informasi telah banyak membantu meningkatkan kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Peningkatan penggunaan teknologi komputer sebagai salah satu bentuk teknologi informasi yang telah mengubah pemprosesan data akuntansi secara manual menjadi otomatis. Akan tetapi dalam hal penerapan tidak akan terbebas dari permasalahan seperti para pemakai tidak mengerti cara mengoperasikan sistem sehingga kinerja sistem informasi yang dilakukan tidak akan maksimal sesuai dengan yang diharapkan (Astuti 2013). Melihat fenomena sistem yang terjadi pada Ditjen pajak yang lebih meningkatkan kinerja sistem informasi akuntansi untuk meminimalisir kerugian atau kecurangan-kecurangan oknum. Maraknya kasus faktur pajak fiktif yang telah merugikan negara hingga triliunan rupiah membuat Direktorat Jendral (Ditjen) Pajak terus mencari cara untuk membenahi sistem administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Salah satu langkah penertiban yang dilakukan oleh Ditjen Pajak adalah pengembangan E-Nofa (Elektronik Nomor Faktur) yaitu sebuah aplikasi elektronik untuk penomoran faktur pajak. Kalau dulu pengusaha kena pajak (PKP) dapat menomori sendiri faktur pajaknya, kini nomor faktur pajak ditentukan oleh Ditjen Pajak dengan aplikasi E- Nofa ini. Aplikasi yang mulai dapat digunakan sejak 1 Juni 2013 lalu ini akan dapat meminimalisir penggunaan faktur pajak fiktif dan mempermudah pengawasan dalam penomoran faktur pajak. Pembuatan E-Nofa melibatkan Direktorat Peraturan Perpajakan I, Direktorat Transformasi Proses Bisnis (TPB),
Image of page 2
3 Direktorat Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi (TTKI) dan Direktorat Teknologi Informasi Perpajakan (TIP).
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern