44202983-PENGUATAN-INSTRUMEN - Tugas Instrumentasi OLEH...

This preview shows page 1 - 4 out of 14 pages.

Tugas Instrumentasi OLEH : KELOMPOK VII ADELINA I.M SINAGA 072244610049 DEWI FATMAWATI 072244610038 JUITA GULTOM 072244610013 SINTONG LUMBAN TOBING 072244610041 FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2009
Image of page 1
PENGUATAN 1. Penguat Operasional Penguat operasional (Op Amp) adalah suatu rangkaian terintegrasi yang berisi beberapa tingkat dan konfigurasi penguat diferensial yang telah dijelaskan di atas. Penguat operasional memilki dua masukan dan satu keluaran serta memiliki penguatan DC yang tinggi. Untuk dapat bekerja dengan baik, penguat operasional memerlukan tegangan catu yang simetris yaitu tegangan yang berharga positif (+V) dan tegangan yang berharga negatif (-V) terhadap tanah ( ground ). Berikut ini adalah simbol dari penguat operasional: Karakteristik Ideal Penguat Operasional Penguat operasional banyak digunakan dalam berbagai aplikasi karena beberapa keunggulan yang dimilikinya, seperti penguatan yang tinggi, impedansi masukan yang tinggi, impedansi keluaran yang rendah dan lain sebagainya. Berikut ini adalah karakteristik dari Op Amp ideal: Penguatan tegangan lingkar terbuka ( open-loop voltage gain ) A VOL =  Tegangan ofset keluaran ( output offset voltage ) V OO = 0 Hambatan masukan ( input resistance ) R I =
Image of page 2
Hambatan keluaran (output resistance) R O = 0 Lebar pita ( band width ) BW = Waktu tanggapan ( respon time ) = 0 detik Karakteristik tidak berubah dengan suhu Kondisi ideal tersebut hanya merupakan kondisi teoritis tidak mungkun dapat dicapai dalam kondisi praktis. Tetapi para pembuat Op Amp berusaha untuk membuat Op Amp yang memiliki karakteristik mendekati kondisi-kondisi di atas. Karena itu sebuah Op Amp yang baik harus memiliki karakteristik yang mendekati kondisi ideal. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu tentang kondisi-kondisi. a. Penguatan Tegangan Lingkar Terbuka Penguatan tegangan lingkar terbuka ( open loop voltage gain ) adalah penguatan diferensial Op Amp pada kondisi dimana tidak terdapat umpan balik ( feedback ) yang diterapkan padanya seberti yang terlihat pada gambar 2.2. Secara ideal, penguatan tegangan lingkar terbuka adalah: A VOL = Vo / Vid = A VOL = Vo/(V1-V2) = Tanda negatif menandakan bahwa tegangan keluaran V O berbeda fasa dengan tegangan masukan V id . Konsep tentang penguatan tegangan tak berhingga tersebut sukar untuk divisualisasikan dan tidak mungkin untuk diwujudkan. Suatu hal yang perlu untuk dimengerti adalah bahwa tegangan keluaran V O jauh lebih besar daripada tegangan masukan V id . Dalam kondisi praktis, harga A VOL adalah antara 5000 (sekitar 74 dB) hingga 100000 (sekitar 100 dB). Tetapi dalam penerapannya tegangan keluaran V O tidak lebih dari tegangan catu yang diberikan pada Op Amp. Karena itu Op Amp baik digunakan untuk menguatkan sinyal yang amplitudonya sangat kecil.
Image of page 3

Want to read all 14 pages?

Image of page 4

Want to read all 14 pages?

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 14 pages?

  • Fall '16

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern