Modul 6 - A Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dijelaskan tentang Penulisan pesan memahami bentuk bentuk penulisan pesan pesan yang efektif Penulian

Modul 6 - A Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dijelaskan...

This preview shows page 1 - 3 out of 8 pages.

A. Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dijelaskan tentang Penulisan pesan, memahami bentuk bentuk penulisan pesan pesan yang efektif. Penulian Direct Request, dan Penulisan permintaan pesan pesan rutin dan positif. B. Relevansi Sebelum mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan telah mengetahui tentang hal hal yang berhubungan dengan Direct Request . C. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui apa itu Direct Request , dapat mengorganisasi direct request, dapat mengkategorikan pesan rutin dan menulisnya secaara positif. .
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Pengorganisasian Direct Request Direct Request atau permintaan langsung sering diartikan kurang tepat sebagai bentuk permintaan barang dan jasa secara langsung yang dilakukan dengan tatap muka (face to face). Dalam konteks yang lebih luas, direct request dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau suatu organisasi (bisnis maupun nonbisnis) kepada pihak lain (seorang atau organisasi) untuk meminta berbagai informasi penting dengan segera dan dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, termasuk media elektronik. Sebagai contoh, suatu orgnisasi tertentu mengajukan permintaan informasi tentang produk baru kepada suatu organisasi lain dengan menggunakan media elektronik, seperti telephone, faksimile, atau e-mail. Bagaimana pengorganisasian direct request? Ketika audiens mulai tertarik dengan apa yang disampaikan atau bekerjasama dengan komunikator, maka pesan-pesan bisnis sebaiknya disampaikan melalui pendekatan langsung (direct approach) Pada bagian awal, sajikan permintaan atau ide-ide pokok yang diikuti oleh fakta-fakta yang diperlukan secara rinci yang selanjunya diikuti oleh suatu pernyataan keramahan dari tindakan yang diinginkan. Para pengirim direct request dapat memulai dalam pendahuluan dengan memperkenalkan dirinya, misalnya “Saya adalah Manajer Pemasaran Toko Buku AA dan tertarik untuk mengembangkan buku-buku referensi”. Biasanya penulisan tersebut kurang tepat, cara terbaik untuk menyusun direct request adalah menyatakan apa yang diinginkan pada kalima pertama, kemudian diikuti dengan penjelasannya. Maka gunakan bahasa yang sopan dalam penulisan direct request , contohnya “saya senang sekali ........ ” atau “saya sangat berterima kasih ........ Bagian pertengahan surat direct request biasanya menjelaskan permintaan yang sebenarnya, misalnya “saya ingin sekali memesan beberapa contoh buku referensi yng anda tawarkan pada bulan Januari lalu” atau “Mengingat banyaknya permintaan Buku Komunikasi Bisnis edisi kedua yang dituis oleh Drs. Djoko Purwanto, M.B.A,. mohon segera dikirimkan buku tersebut pada minggu pertama bulan juni” Pada bagian terakhir, nyatakan dengan jelas tindakan apa yang diinginkan, misalnya di mana audiens dapat mencari informasi atau produk, batas waktunya ataupun lain sebagainya. Kemudian akhiri dengan pernyataan yang ramah yaitu mengingatkan audiens akan pentingnya permintaan tersebut, misalnya “jika buku-buku referensi terjual lancar, Anda
Image of page 2
Image of page 3
  • Winter '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes