TUGAS 2 – STORYTELLING IN ADVERTISING

TUGAS 2 – STORYTELLING IN ADVERTISING - SEMINAR MANAJEMEN...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN TUGAS 2 STORYTELLING IN ADVERTISING Oleh: 1. Ridhotullah Rezki 041311233285 2. Adolfo Panjaitan 041311233294 3. Zhaniar Rossalia 041311233295 4. Vanie Dika 041311233350 Mengomunikasikan suatu brand memiliki prinsip dasar yang sama dengan story- telling. Kehadiran sturktur dan keistimewaan dalam suatu cerita tidak hanya akan menarik bagi pendengar untuk sesaat, namun akan membawa pendengar untuk lebih lama menyimak cerita tersebut dan merespon apa yang telah didengarnya. Ketika suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan storytelling dalam strategi pemasaran untuk menarik hati konsumen dibutuhkan konten di dalam story telling tersebut yang kreatif dan menarik. Hal ini supaya menciptaakan dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Storytelling yang dibuat dengan kreatif dapat menciptakan emosi dan membangkitkan hubungan personal yang kuat dari pelanggan kepada brand , perusahaan, dan produk itu sendiri. Storytelling dalam periklanan dapat didefinisikan sebagai bentuk metode komunikasi yang digunakan sebuah perusahaan untuk menyampaikan nilai dari sebuah brand . Storytelling juga merupakan metode untuk menceritakan sejumlah kejadian dalam suatu brand dari produk melalui rangkaian cerita. Kejadian yang diceritakan dapat terjadi sebenarnya atau hanya sebuah fiksi. Pemasar menggunakan storytelling sebagai alat pemasaran untuk mengilustrasikan konsep dari brand tersebut dan untuk meningkatkan loyalitas pada pelanggan melalui entertainment atau hubungan emosional. Pada bukunya The Dream Society , Jensen (1999, p. 52) menjelaskan bahwa cerita merupakan value statement , dan daftar berbagai nilai yang akan membentuk sebuah cerita. Brand akan memberikan pengaruh dan meningkatkan loyaitas pelanggan dengan membangun setiap konten tentang dasar-dasar nilai dan misi dari brand itu sendiri dengan menanamkannya di benak pelanggan. Selain memperhatikan target palanggan mana, pemasar juha harus menyakinkan bahwa cerita mereka berhubungan dengan karakter pelanggan dan
Image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
sesuai dengan latar belakang dari brand teresebut yang merefleksikan perusahaan terkait. Maka dari itu stories (cerita) dirasa efektif untuk membangun emosi pelanggan kepada suatu brand . Cerita dapat menarik perhatian masyarakat sejak masa lalu. Masyarakat lebih memercayai mitos dan cerita (Jensen, 1999; Kelley dan Littman, 2006), sementara brand mengkomunikasikan mitos (Holt, 2003; Holt dan Thompson, 2004). Perusahaan dapat menyampaikan ceritanya sendiri untuk mengomunikasikan nilai dari sebuah merk serta menunjukkan perhatiannya. (Fog et al , 2005). Storytellin g memainkan peran dalam membuat
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern