cg sap 1 - BAB II PEMBAHASAN 2.1 PENDAHULUAN GOOD CORPORATE...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
BAB II PEMBAHASAN 2.1 PENDAHULUAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) Corporate governance merupakan topik utama yang banyak diperbincangkan khalayak ramai dalam beberapa tahun ini. Umumnya kemampuan suatu negara untuk menarik investor tergantung pada seberapa jauh penerapan corporate governance yang diterapkan oleh perusahaan dan sejauh mana manajemen menghormati dan mematuhi hak-hak dari stakeholders lainnya. Para investor biasanya akan enggan menanamkan modal pada perusahaan yang tidak menerapkan corporate governance secara efektif. Suatu sistem corporate governance yang efektif akan mampu membuat komisaris dan direksi menciptakan situasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan dengan memperhatikan kepentingan pemegang saham dan juga corporate governance harus mampu memfasilitasi adanya pengawasan yang efektif. Penerapan prinsip GCG dalam dunia usaha saat ini merupakan suatu tuntutan agar perusahaan-perusahaan tetap dapat bersaing di dunia global. Di Indonesia, masalah aspek hukum merupakan hal yang penting dalam penerapan GCG. Perusahaan yang dikelola dengan baik adalah perusahaan yang memiliki strategic plan jangka panjang dan untuk itu perlu memperhatikan kepentingan berbagai pihak yang terkait, baik secara langsung-tidak langsung maupun internal-eksternal. Dengan adanya corporate governance maka pengelolaan perusahaan harus memenuhi standar usaha dan memenuhi prinsip-prinsip manajemen sebagaimana seharusnya. Penerapan corporate governance di Indonesia dibagi menjadi tiga aktivitas. Pertama, menetapkan kebijakan nasional. Kedua, menyempurnakan kerangka regulasi. Ketiga, membangun inisiatif sektor swasta. Perumusan kebijakan nasional ditandai dengan pembentukan Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance . Komite tersebut kemudian berubah menjadi Komite Nasional Kebijakan Governance . Komite ini beranggotakan kalangan professional baik di sektor publik, swasta, maupun kalangan akademisi dan lembaga swadaya masyarakat. KNKG telah menerbitkan beberapa pedoman yaitu pedoman GCG tahun 2001, Pedoman Sektoral, Pedoman untuk Komite Audit, dan Pedoman untuk Komisaris Independen pada 2004. GCG bukan hanya diterapkan dalam sektor swasta, namun BUMN dengan aset lebih dari satu triliun rupiah juga harus mengimplementasikan GCG dalam perusahaannya. Selain itu, pasar modal juga menerapkan GCG untuk perusahaan publik. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan perlindungan investor, terutama 1
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
pemegang saham perusahaan terbuka. Mekanisme GCG akan mendorong tumbuhnya mekanisme check and balance di lingkungan manajemen khususnya dalam memberi perhatian kepada kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, diharapkan juga GCG dapat membentuk suatu transparansi dan akuntabilitas dalam transaksi bisnis antar perusahaan satu grup yang berpotensi menimbulkan benturan kepentingan.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern