RMK 1 - AKUNTANSI KEUANGAN 1 Siklus Akuntansi Tahap-tahap...

This preview shows page 1 - 4 out of 9 pages.

AKUNTANSI KEUANGAN 1 “Siklus Akuntansi, Tahap-tahap Pelaporan Transaksi, Necara Lajur” Oleh: Kelompok 8: I Nyoman Satria Wiradarma (1607341052) Maria Paulina Bara (1607341058) Trifonia Lusia Fono Leo (1607341059) Mechteldis Qimanto Kushin Ryu (1607341087) I Putu Bayu Astarika (1607341088) Program Diploma III Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 2017
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

TERMINOLOGI DASAR AKUNTANSI Akuntansi keuangan bergantung pada sekelompok konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, dan menginterprestasikan transaksi serta kejadian lainnya yang berhubungan dengan perusahaan. 1. KEJADIAN (Event) . Peristiwa yang berpengaruh. Suatu kejadian yang umumnya merupakan sumber dari penyebab dari perubahan aktiva, kewajiban, dan ekuitas. Kejadian bisa bersifat eksternal ataupun internal. 2. TRANSAKSI (Transaction) . Kejadian eksternal yang melibatkan transfer atau pertukaran antara dua entitas atau lebih. 3. AKUN (Acount) . Catatan sistematis yang memperlihatkan pengaruh dari transaksi dan kejadian lainnya terhadap unsur tertentu (aktiva, kewajiban dan seterusnya). 4. AKUN RIIL DAN NOMINAL. Akun riil (permanen) adalah akun-akun aktiva, kewajiban, dan ekuitas; akun-akun ini muncul pada neraca. Akun nominal (temporer) adalah akun-akun pendapatan, beban, dan dividen; akun-akun ini mucul pada laporan laba-rugi. Akun nominal akan ditutup secara periodik; sementara akun rill tidak. 5. BUKU BESAR (Ledger) . Buku yang mengandung akun-akun. Buku besar umum (atau buku besar saja) berisi semua akun aktiva, kewajiban, ekuitas pemilik, pendapatan, dan beban. Buku besar pembantu mencatat rincian yang berhubungan dengan akun buku besar umum tertentu. 6. JURNAL. Buku pencatat awal di mana transaksi dan kejadian-kejadian lainnya dicatat pertama kali. Berbagai jumlah yang terdapat dalam jurnal kemudian dipindahkan ke buku besar. 7. PEMINDAHBUKUAN (Posting) . Proses pemindahan fakta-fakta dan angka-angka penting dari jurnal ke akun buku besar. 8. NERACA SALDO (Trial Balance) . Daftar semua akun terbuka dalam buku besar beserta saldonya. 9. AYAT JURNAL PENYESUAIAN (Adjusting Entries) . Ayat jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untu memperbaharui semua akun menurut akuntansi akrual agar laporan keuangan yang tepat bisa dibuat. 10. LAPORAN KEUANGAN. Laporan yang mencerminkan pengumpulan, tabulasi, dan ikhtisar akhir dari data akuntansi. Empat laporan yang umum adalah; (1) neraca, (2) laporan laba-rugi, yang mengukur hasil-hasil operasi selama periode bersangkutan, (3) laporan arus kas, yang melaporkan kas yang disediakan dan digunakan oleh aktivitas operasi, investasi, dan pembiayaan selama satu periode, dan (4) laporan laba ditahan, yang merekonsiliasi saldo akun laba ditahan dari awal periode sampai akhir periode.
Image of page 2
11. AYAT JURNAL PENUTUP. Proses formal yang dipakai untuk mengurangi semua akun nominal menjadi nol dan menentukan serta mentranser laba bersih atau rugi bersih kea kun ekuitas pemilik yang juga disebut “menutup buku besar”, “menutup buku”, atau “menutup” saja.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
  • Fall '16
  • bu lisa

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern