TAX PLAN - PENGERTIAN DASAR MANAJEMEN PERPAJAKAN 1...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
PENGERTIAN DASAR MANAJEMEN PERPAJAKAN 1. MANAJEMEN PAJAK DAN TAX PLANNING 1.1 MANAJEMEN PAJAK Manajemen perpajakan adalah suatu strategi manajemen untuk mengendalikan,merencanakan, dan mengorganisasikan aspek-aspek perpajakan dari sisi yang dapatmenguntungkan nilai bisnis perusahaan dengan tetap melaksanakan kewajiban perpajakansecara peraturan dan perundang-undangan. Sehingga dengan adanya perencanaan pajak yang didukung suatu konsep manajeman pajak yang jelas, diharapkan dapat mengoptimalkan tingkat likuiditas perusahaan. Selain itu, manajemen pajak juga merupakan sarana untuk memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar tetapi jumlah pajak yang dibayar dapat ditekan serendah mungkin untuk memperoleh laba dan likuiditas yang diharapkan. Manajemen pajak merupakan upaya dalam melakukan penghematan pajak secara legal. Tujuan manajemen perpajakan adalah untuk melakukan kewajiban perpajakan dan usaha efisiensi untuk mengefisiensikan pembayaran pajak terhutang, melakukan pembayaran pajak dengan tepat waktu, sedangkan tujuan dari manajemen pajak adalah sebagai berikut : a. Menghilangkan/menghapus pajak sama sekali b. Menghilangkan/menghapus pajak dalam tahun berjalan c. Menunda pengakuan penghasilan d. Mengubah penghasilan rutin berbentuk capital gain Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan setrategi manajemen pajak diantaranya yaitu : a. Memperluas bisnis atau melakukan ekspansi usaha dalam bentuk badan usaha baru b. Menghindari pengenaan pajak berganda c. Menghindari bentuk penghasilan yang bersifat rutin atau teratur atau membentuk, memperbanyak atau mempercepat pengurangan pajak. d. manajemen pajak dapat dicapai melalui fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari: o Perencanaan Pajak (Tax Planning) o Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan (Tax Implemetation) o Pengendalian Pajak (Tax Control) 1.2 TAX PLANNING Tax planning atau perencanaan pajak adalah langkah awal dalam manajemen pajak. Pada tahap ini dilakukan pengumpulan dan penelitian terhadap peraturan perpajakan agar diseleksi jenis tindakan penghematan pajak yang akan dilakukan.Pada umumnya penekanan perencanaan pajak adalah untuk meminimumkan kewajiban pajak. Tujuan dari perencanaan pajak adalah merekayasa agar beban pajak (tax burden) dapat ditekan serendah mungkin dengan memanfaatkan peraturan yang ada, dengan memaksimalkan penghasilan setelah pajak karena pajak merupakan unsur pengurang. Tindakan tersebut legal karena penghematan pajak
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
dapat dilakukan dengan memanfaatkan hal-hal yangtidak diatur (loopholes). Perencanaan Pajak merupakan upaya legal yang bisa dilakukan Wajib Pajak, karena penghematan pajak hanya dilakukan dengan memanfaatkan hal-hal yang tidak diatur( loopholes )Rencana pengelakan pajak dapat ditempuh sebagai berikut: a. Mengambil keuntungan sebesar-besarnya dari ketentuan mengenai pengecualian danpotongan atau pengurangan yang diperkenankan b. Mengambil keuntungan dari pemilihan bentuk bentuk perusahaan yang tepat untuk menghemat pembayaran pajak.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern