gameindoor-130801015019-phpapp01 - 1 Terlalu banyak solusi...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
1. Terlalu banyak solusi? Garis besar Permainan ini mengamati manfaat brainstorming terhadap sekelompok peserta dalam mengatasi masalah yang diberikan. Tujuan 1. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. 2. menghasilkan sebanyak mungkin ide dari sekelompok orang dengan menggunakan tekhnik brainstorming . 3. Memperkenalkan dan menerapkan sinergi. Waktu yang dibutuhkan 30-60 menit (tergantung tipe masalah yang diberikan). Jumlah peserta Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta. Materi yang dibutuhkan Kertas flipchart dan spidol untuk masing-masing subkelompok. Prosedur 1. Bagi peserta menjadi tim yang terdiri dari 5-7 peserta. 2. Berikan sebuah masalah kepada tim untuk diatasi. Masalah tersebut bisa berupa masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau masalah imajiner. Misalnya, bagaimana mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk toko kita? Atau bagaimana caranya menjual es kepada orang Eskimo? 3. Peraturan : Masing-masing tim harus memilih seorang juru tulis.juru bicara. Juru tulis ini harus menggali ide sebanyak mungkin dari anggota timnya selama 10-15 menit. Tidak ada diskusi pendapat selama 10-15 menit tersebut. Juru tulis diminta untuk mendorong anggota timnya mengeluarkan ide apapun meski menggelikan atau tidak masuk akal. Setelah 10-15 menit habis, masing-masing tim harus mengevaluasi setiap ide yang dihasilkan timnya. Lalu memutuskan tiga ide terbaik. Setelah memperoleh kesepakatan, masing-masing juru bicara harus mempresentasikan hasil yang diperoleh timnya kepada seluruh peserta. Setelah masing-masing tim mempresentasikan idenya, seluruh peserta kemudian harus memutuskan satu ide terbaik yang telah disebutkan. Poin diskusi
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
1. Tim mana yang memiliki ide paling banyak? Mengapa? 2. Apakah setiap orang terkejut dengan jumlah ide yang dihasilkan? 3. Apakah ide aneh dan menggelikan dapat mengarahkan peserta untuk menggali lebih banyak ide produktif? 4. Siapa yang memiliki masalah dengan konsep tidak ada diskusi pada saat pertama ide dikeluarkan? 5. Anggota kelompok mana saja yang memberikan semangat kepada anggota lain untuk mengeluarkan lebih banyak ide? Variasi 1. Jika peserta memiliki masalah yang sama, dapat digunakan dalam latihan ini. 2. Masing-masing tim dapat diberikan masalah yang berbeda untuk diatasi. _______________________________________________________________________ Catatan trainer 2. Relay Garis besar Peserta memberikan kartu secepat mungkin dalam bentuk relay . Latihan ini digunakan sebagai kegiatan icebreaker. Tujuan 1. Membangun kerja sama tim. 2. Sebagai latihan pemanasan bagi peserta. 3. Membuka komunikasi di dalam masing-masing tim. 4. Memperkenalkan dan menerapkan sinergi. Waktu yang dibutuhkan 10-15 menit (tergantung jumlah peserta). Jumlah peserta Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern