Makalah Bab 9 Model Oligopoli Dasar.REV

Makalah Bab 9 Model Oligopoli Dasar.REV - PENDAHULUAN 1.1...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
PENDAHULUAN 1.1 Pengantar Oligopoli merupakan keadaan dimana hanya terdapat sedikit perusahaan besar dalam suatu industri. Jumlah perusahaan dalam pasar Oligopoli biasanya 2 sampai 10 perusahaan. Produk yang ditawarkan dapat berupa produk khusus atau identik seperti dalam pasar persaingan sempurna, atau berbeda seperti dalam pasar persaingan monopolistik. Menurut manajerial, operasional perusahaan dalam oligopoli adalah sulit untuk dikelola. Alasannya adalah ada beberapa perusahaan dalam pasar oligopoli dan manajer harus mempertimbangkan kemungkinan dampak dari keputusannya pada keputusan perusahaan lain dalam industri. Begitu pula sebaliknya, keputusan yang akan diambil oleh perusahaan lain, dapat berdampak sangat dalam terhadap perusahaan. Pilihan-pilihan harga dan output yang dapat memaksimumkan keuntungan sebuah perusahaan tergantung pada keputusan-keputusan perusahaan saingan, sehingga diperlukan beberapa asumsi tentang reaksi dari keputusan perusahaan saingan tersebut, untuk mendapatkan harga atau kuantitas yang optimal dalam suatu model tertentu. Terdapat beberapa asumsi yang masuk akal yang dapat dibuat, yang akan menghasilkan suatu model yang berbeda pada setiap asumsi. Melihat hal tersebut, dapat dikatakan bahwa pasar oligopoli merupakan pasar yang kompleks, oleh sebab itu tidak ada model tunggal yang relevan untuk semua oligopoli. Kondisi pasar Oligopoli dapat dilihat dalam kurva sebagai berikut : Gambar 9.1. 1
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Misalkan perusahaan berada pada titik tengah dengan mengenakan harga P 0, . Kurva permintaan D 1 didasarkan pada asumsi bahwa saingan juga akan mengubah harga, sedangkan D 2 merupakan asumsi bahwa saingan tidak merubah harga. Permintaan akan lebih inelastis apabila saingan juga mengubah harga. Untuk perubahan harga yang diberikan, misalnya dengan penurunan harga, perusahaan akan menjual lebih banyak jika saingan tidak ikut menurunkan harga. Akibatnya, penurunan harga meningkatkan kuantitas yang diminta hanya sedikit ketika saingan menanggapi dengan turut menurunkan harga. Demikian pula, untuk kenaikan harga yang diberikan, perusahaan akan menjual lebih banyak ketika saingan juga menaikkan harga mereka. 1.2 Maksimalisasi Laba Dalam Kondisi Oligopoli 1.2.1 Oligopoli Sweezy Model Swezzy didasarkan pada asumsi yang sangat spesifik tentang bagaimana respon saingan terhadap perubahan harga. Sebuah industri ditandai sebagai oligopoli Sweezy apabila : 1. Ada beberapa perusahaan di pasar yangmelayani banyak konsumen 2. Perusahaan menghasilkan produk yang terdiferensiasi 3. Setiap perusahaan percaya saingan akan memotong harga mereka sebagai reapon terhadap penurunan harga tetapi tidak akan menaikkan harga mereka dalam menanggapi kenaikan harga 4. Ada hambatan masuk ke dalam industri. Gambar 9.2. 2
Image of page 2
Oleh karena manajer suatu perusahaan tahu bahwa dia bersaing di pasar sweezy oligopoli, berarti pesaingnya akan mengikuti apabila dia menurunkan harga, dan pesaing tidak akan mengikuti apabila dia menaikkan harga, maka kurva demand/garis demand produksinya akan mengikuti garis ABD 1 di gambar 9-2.
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern