inovasi dan perubahan organisasi - Chapter 10 INOVASI dan...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Chapter 10 INOVASI dan PERUBAHAN ORGANISASI Inovasi adalah penggunaan gagasan-gagasan baru bagi organisasi yang menggunakannya. Semua inovasi merupakan perubahan. Namun tidak semua perubahan bersifat inovatif. Perubahan yang inovatif membuka peluang baru bagi organisasi yang bisa juga memunculkan penolakan baru oleh anggota organisasi yang efeknya akan lebih mengancam keberlangsungan organisasi kedepan. Inovasi biasanya memiliki satu dari dua bentuk inovasi yang ada : Teknologis Merupakan apa yang kebanyakan ada di benak kita jika kita berpikir mengenai perubahan yang inovatif; mencakup alat, teknik, perlengkapan, atau sistem baru untuk memproduksi produk barang atau jasa atau dalam cara produk tersebut dihasilkan atau juga bahkan disajikan. Administratif Implementasi dari perubahan-perubahan pada struktur organisasi atau proses administratifnya; yabng mencakup perubahan seperti pengenalan jadwal kerja yang fleksibel, atau matriks desain organisasi. Perubahan organisasi adalah perubahan yang terjadi di organisasi yang ditentukan dengan diadopsinya sebuah ide atau atau perilaku baru oleh organisasi tersebut. Pendekatan ambidextrous (cerdik) berarti menggabungkan struktur dan proses yang sesuai untuk implus kreatif maupun penerapan inovasi yang sistematis. I. The Strategic Role of Change Organisasi harus dapat bergerak secara cepat untuk menghadapi tantangan perubahan global yang terjadi saat ini melalui respon atas : Organisasi besar harus dapat bergerak fleksibel sedinamis organisasi kecil Industri manufaktur harus memiliki teknologi manufaktur yang fleksibel yang didukung pelayanan melalui IT Inovasi berkelanjutan harus dilakukan demi keberlangsungan dan pertumbuhan usaha Innovate or Perish
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Banyak organisasi yang merespon kekuatan global dengan mengadopsi tim dan struktur horizontal yang meningkatkan komunikasi dan saluran kolaborasi, aliran lapisan pasokan dan distribusi, dan mengatasi hambatan waktu dan tempat melalui TI dan e-bisnis. Perusahaan menjadi terlibat dalam usaha joint venture maupun atau consortia untuk mengeksploitasi peluang dan memperluas operasi atau pasar internasional. Beberapa perusahaan mengadopsi inovasi struktural seperti pendekatan jaringan virtual untuk fokus pada kompetensi inti mereka. Di sisi lain, organisasi menghadapi kebutuhan strategi utama dan perubahan kultural yang cepat, serta inovasi berkesinambungan dalam teknologi, jasa, produk, dan proses. Strategis Types of Change 1. Technology Changes Perubahan teknologi adalah perubahan dalam proses produksi suatu organisasi, Termasuk pengetahuan dan keterampilan dasar, yang memungkinkan kompetensi yang berbeda. Perubahan ini dirancang untuk membuat produksi lebih efisien atau berproduksi Volume lebih besar Perubahan teknologi melibatkan teknik pembuatan produk Atau layanan. Mereka termasuk metode kerja, peralatan, dan alur kerja 2. Product and Service Changes Perubahan produk dan layanan berkaitan dengan output produk atau layanan dari suatu organisasi. Produk baru termasuk adaptasi kecil dari produk yang ada atau
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern