pend-or.doc - PERKEMBANGAN OPERATIONS RESEARCH Istilah OR...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
PERKEMBANGAN OPERATIONS RESEARCH Istilah OR pertama digunakan oleh Mc.Closky dan Crefthen di Bowdsey, Inggris tahun 1940. Sejak revolusi industri, dunia usaha tampaknya telah diwarnai oleh pertumbuhan dalam hal ukuran(besarnya) dan komleksitas organisasi-organisasi perusahaan. Bagian yang mengalami perubahan cukup menyolok adalah perkembangan dalam pembagian kerja dan segmentasi tanggung jawab manajemen dalam organisasi-organisasi tersebut. Perkembangan spesialisasi ini, bagaimanapun juga, telah menciptakan masalah-masalah baru yang sekarang masih terjadi di banyak organisasi. Salah satu masalah adalah kecenderungan unit-unit suatu organisasi tumbuh secara relative menjadi “ kerajaan” yang otonomi dengan tujuan- tujuan dan system-sistem nilai sendiri;oleh sebab itu kehilangan pandangan bagaimana kegiatan-kegiatan & tujuan-tujuan mereka disatukan pada keseluruhan organisasi. Di samping itu, kompleksitas dan spesialisasi dalam suatu organisasi menumbuhkan kesulitan yang semakin besar untuk mengalokasikan sumber daya-sumber daya yang tersedia untuk kegiatan-kegiatan organisasi yang bermacam-macam dengan cara yang paling efektif sebagai organisasi keseluruhan. Tertarik pada suksesnya penerapan OR dalam bidang militer, kalangan industri mulai menaruh perhatian pada bidang ini. Pertumbuhan industri yang pesat menyebabkan team-team OR sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Morse dan Kimball mendifinisikan riset operasi sebagai metode ilmiah yang memungkinkan para manajer 1
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
mengambil keputusan mengenai kegiatan yang mereka tangani dengan dasar kuantitatif. Churchman,Arkoff dan Arnoff mendefinisikan riset operasi sebagai aplikasi metode-metode, teknik-teknik dan peralatan-peralatan ilmiah dalam menghadapi masalah- masalah yang timbul di dalam operasi perusahaan dengan tujuan ditemukannya pemecahan yang optimum dari masalah tersebut. Miller dan M.K Starr mengartikan riset operasi sebagai peralatan manajemen yang menyatukan ilmu pengetahuan, matematika dan logika dalam kerangka pemecahan masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari, sehingga akhirnya permasalahan tersebut dapat dipecahkan secara optimal. Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa riset operasi berkenaan dengan pengambilan keputusan optimal dalam, dan penyusunan model dari system-sistem baik deterministic maupun probabilistic yang berasal dari kehidupan nyata. Tahap-Tahap dalam O.R Secara umum dalam mempelajari OR ada beberapa tahapan utama sebagai berikut: 1. Merumuskan/Mendefinisikan Masalah yang akan dipecahkan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai berdasarkan keadaan obyktif. Tiga hal yang harus diperhatikan yaitu;uraian yang tepat mengenai tujuan yang akan dicapai, identifikasi dari adanya alternative dalam keputusan yang menyangkut suatu system dan
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern