04 19 1.pdf - KELOMPOK 19 MUHAMMAD NURRAIHAN...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
KELOMPOK 19 MUHAMMAD NURRAIHAN NAUFAL (16516342) IVAN JONATHAN (16516349) NUEL YOSIA (16516350) RANGKUMAN BAB 4 “ENERGI: JENIS – JENIS, KONVERSI, DAN KEKEKALAN” TUGAS I PRD
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
[1] 4.1 Menggunakan Energi Definisi energi adalah kemampuan objek untuk melakukan usaha. Energi itu kekal yang artinya energi tidak dapat diciptakan juga dihancurkan hanya saja energi dapat dirubah bentuknya. Total energi yang ada di Alam Semesta itu besarnya tetap dan tidak akan berubah. Prinsip tersebut merupakan salah satu prinsip terpenting bagi seorang yang ingin menjadi insinyur. Kembali lagi ke definisi energi yang mengatakan bahwa energi yaitu kemampuan untuk melakukan usaha. Usaha telah didefinisi oleh Sir Isaac Newton di Hukum Newton II tentang gerak dan disimbolkan sebagai W ( work ). Satuan usaha dalam SI adalah joule (1 𝑘𝑔 𝑚 2 𝑠 2 ) . Berdasarkan Hukum Newton II, Usaha adalah besar gaya (F) yang dilakukan benda sehingga terjadi perpindahan (d). Secara matematis dapat ditulis seperti : ??𝑟𝑘 = ? = ? ? ? Dalam merepresentasikan salah satu prinsip penting tadi. Seorang insinyur memerlukan sesuatu yang umumnya disebut sebagai Sistem. Sistem akan terhubung dengan lingkungan dimana energi dapat berpindah dari system ke lingkungan atau sebaliknya. Dengan terhubungnya sistem dan lingkungan, kita dapat memantau aliran energi. 4.2 Energi Adalah Kemampuan Untuk Melakukan Usaha Jika seorang insinyur ingin mengetahui seberapa cepat energi yang dimiliki suatu objek. Maka, ia perlu mengetahui apa itu daya. Daya didefinisi sebagia perubahan energy tiap waktu. satuan daya dalam SI adalah watt (1 joule/detik). Secara matematis daya dapat ditulis sebagai : 𝑃???𝑟 = 𝑃 = ? 𝑡 4.3 Jenis Jenis Energi 1. Energi Kinetik Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh suatu gerakan. Energi kinetik ini dibagi menjadi dua energi utama, yaitu: a. Energi Kinetik Translasi (Translational Kinetic Energy/TKE) Energi kinetik translasi/TKE adalah energi massa dalam gerak lurus. Energi ini bisa dihitung dengan rumus: 𝑇𝐾? = 1 2 ?? 2 Dengan m adalah massa(kg) dan v adalah kecepatan(m/s) sehingga satuan TKE adalah joule(kg m/s 2 ).
Image of page 2
[2] Apapun yang memiliki massa dan bergerak dalam suatu garis lurus memiliki TKE .
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern