bab4.pdf - Fitri Arnia Khairul Munadi Teknik Pengolahan...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

Fitri Arnia & Khairul Munadi/ Teknik Pengolahan Citra / 69 Tujuan Instruksional Bab 4 1. Pengguna buku memahami teknik segmentasi citra dengan berbagai metode. 2. Pengguna buku dapat melakukan segmentasi dengan metode region growing. 3. Pengguna buku dapat melakukan segmentasi dengan metode histogram dan memahami pengaruh noise pada teknik ini. 4. Pengguna buku dapat menerapkan segmentasi berbasis detteksi tepi menggunakan tapis Laplacian, Sobel dan Prewitt. 5. Pengguna buku dapat menghitung segmentasi sederhana dengan metode k-means clustering.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Fitri Arnia & Khairul Munadi/ Teknik Pengolahan Citra / 70 4 Segmentasi Citra egmentasi citra adalah proses yang bertujuan untuk memisahkan objek pada citra dengan latar belakangnya, atau memisahkan satu objek dengan objek lain pada suatu citra. Pemisahan tersebut dapat dilakukan berdasarkan beberapa kriteria misalnya berdasarkan tinggi-rendahnya nilai intensitas citra, warna dan lain-lain. Proses segmentasi dapat menjadi sangat rumit, karena kondisi citra biasanya tidak ideal, misalnya adanya pencahayaan yang tidak merata yang menyebabkan bagian dari suatu objek pada citra terlihat membaur dengan latar belakangnya. Adanya noise juga mengganggu proses segmentasi citra, khususnya pada citra medis. Selain itu adakalanya citra yang akan disegmentasi memang pada keadaan asalnya memiliki objek-objek yang sulit untuk disegmentasi, khususnya untuk objek bertekstur. Keadaan-keadaan ini diilustrasikan pada Gambar 1. Bab ini akan membahas beberapa meode segmentasi dasar, yaitu area bertumbuh ( region growing ), segmentasi berbasis histogram dan tepian citra, termasuk Canny, serta segmentasi berbasis kluster. A. Area Bertumbuh (Region Growing) Segmentasi dengan metode area bertumbuh mengasumsikan bahwa suatu citra mengandung beberapa objek, yang mana masing-masing objek menempati besar area tertentu. Untuk memulai proses segmentasi, pada objek-obejk tersebut S
Image of page 2
Fitri Arnia & Khairul Munadi/ Teknik Pengolahan Citra / 71 diletakkan ‘benih’. Benih ini selanjutnya akan berkembang sesuai dengan aturan (algoritma) yang diberikan. Pada metode ini, diasumsikan bahwa piksel-piksel yang bertetanggaan pada suatu area akan memiliki nilai yang berdekatan. Prosedur pengembangan regionnya biasanya dilakukan dengan membandingkan suatu piksel asal pa dengan sebuah piksel tetangga pt. Perbandingan itu bisa diperoleh dengan menetapkan threshold antara benih dengan piksel-piksel tetangganya. Jika kriteria kemiripan yang telah didefinisikan sebelumnya dipenuhi, maka piksel tetangga pt tersebut dikelompokkan sebagai satu region dengan piksel asal pa. Piksel tetangga didefinisikan dalam dua aturan yaitu: piksel tetangga 4, dan piksel tetangga 8, yang keduanya ditunjukkan pada Gambar 1.1. Ketetanggaan 4 adalah piksel-piksel disebelah kiri dan kanan serta atas dan bawah dari suatu piksel yang menjadi perhatian. Sedangkan ketetanggan 8 adalah semua piksel pada ketetanggan 4 ditambah dengan 4 piksel pada posisi diagonal dari piksel yang menjadi perhatian.
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Fall '16
  • TEACHER

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern