bab5.pdf - Fitri Arnia Khairul Munadi Teknik Pengolahan...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Fitri Arnia & Khairul Munadi/ Teknik Pengolahan Citra / 102 Tujuan Instruksional Bab 5 1. Pengguna buku memahami adanya beberapa jenis fitur yang fundamental pada bidang pengolahan citra digital dan pengenalan pola. 2. Pengguna buku memahami fisika warna dan beberapa bidang warna dasar serta pemakaiannya. 3. Pengguna buku dapat menghitung histogram warna dan moment warna, dua fitur sederhana dari warna. 4. Pengguna buku dapat menghitung fitur gray level co-occurrenece matrix (GLCM) dari suatu citra. 5. Pengguna buku dapat menhitung kode rantai dari suatu bentuk.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Fitri Arnia & Khairul Munadi/ Teknik Pengolahan Citra / 103 5 Fitur dan Ekstraksi Fitur Sistem visual manusia mengenali objek berdasarkan gabungan beberapa aspek, yaitu karakteristik bentuk, warna, tekstur, dan gerakan [3]. Dalam bidang pengolahan citra dan visi komputer, fitur citra dipahami sebagai sesuatu yang mewakili deskripsi citra, atau menjadi ciri utama suatu citra. Beberapa entitas yang paling sering digunakan untuk mendeskripsikan citra yaitu fitur adalah fitur warna, bentuk dan tekstur. Sebagaimana warna, bentuk, tekstur, dan gerakan memegang peranan penting pada sistem visual manusia sebagai dasar untuk mengenali objek. Fitur dari warna, bentuk, tekstur, dan gerakan juga memegang peranan penting pada aplikasi visi komputer, misalnya aplikasi pengenalan wajah, temu kembali citra ( image retrieval ), indeksasi citra, klasifikasi objek, dan lain-lain. Ketepatan memilih fitur akan menentukan kesuksesan dari sistem yang ditangani. Pada bab ini akan dibahas teknik ekstraksi fitur warna, bentuk dan tekstur. A. Warna Sarat terjadinya sensasi warna adalah adanya cahaya dan bekerjanya sistem saraf mata rod dan khusunya cones yang bertugas mengindera warna dari cahaya yang masuk ke mata. Singkatnya, untuk memahami proses persepsi warna, kita perlu mengetahui tentang fisika warna dan sistem saraf penglihatan. Untuk itu, pada bagian selanjutnya akan dibahas fisika warna dan sistem visual manusia (SVM). Fungsi respon spektrum dari cone menjadi dasar dari teori tristimulus warna dan akhirnya model warna tiga dimensi.
Image of page 2
Fitri Arnia & Khairul Munadi/ Teknik Pengolahan Citra / 104 Fisika Warna Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang antara 390nm (warna ungu) 700 nm (warna merah), yang dapat dilihat manusia sehingga disebut sebagai cahaya tampak ( visible ). Gambar 1 menunjukkan pembagian spektrum gelombang elektromagnetik (atas) dan spectrum warna pada cahaya tampak (bawah). Sistem Visual Manusia dan Persepsi Warna Gambar 2 menunjukkan skema mata manusia. Bagian mata yang paling berperan dalam mengindera warna adalah bagian fovea, dimana terdapat banyak cones , yang merespon cahaya (warna) yang masuk ke mata. Rod adalah reseptor lain pada mata yang peka ketika sedikit cahaya yang masuk ke mata. Sebaliknya cones baru bekerja dengan baik apabila cahaya yang masuk ke mata cukup. Cones biasanya terdiri dari beberapa jenis, dan setiap jenisnya merespon gelombang cahaya yang berbeda.
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern