Tugas Ujian Akhir Semester II Mata Kuliah Antropologi Sosial Budaya.doc

Tugas Ujian Akhir Semester II Mata Kuliah Antropologi Sosial Budaya.doc

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

Tugas Ujian Akhir Semester II Mata Kuliah Antropologi Sosial Budaya Nama Anggota Kelompok Suku Ainu: 1. Farah Khairunnisa Setiawan (1506684672) 2. Muhammad Abdurahman Fauzan (1506733560 ) 3. Tikas Wahyu Haryono (12 ) Pengajar: Yunita T. Winarto dan Rhino Ariefiansyah Program Studi Sarjana Departemen Antropologi FISIP Universitas Indonesia I. Tulislah sebanyak maksimal 2 halaman sinopsis dari karya etnografi yang telah anda baca (Nilai 10) Jawab: Buku Gayo Budaya Malu merupakan seri etnografi pertama terbitan Lembaga Kajian Budaya Indonesia (LKBI). Buku ini merupakan hasil penelitian terakhir Prof. Dr. Junus Melalatoa di Tanoh Gayo. Buku Gayo Budaya Malu merupakan persembahan terakhir karya Melalatoa – yang juga pendiri Yayasan Budaya Tradisional dan Lembaga Kajian Budaya Indonesia – yang belum sempat diterbitkan hingga Sang Khalik menjemputnya. Sebuah karya ilmiah yang dipersembahkan untuk kota kelahiran dan juga negeri tercinta sang penulis. Risalah ini merupakan sebuah karya etnografi tentang suku bangsa atau etnik Gayo. Wilayah asal Gayo pada umumnya adalah dataran tinggi Gayo, dalam kaitanya dengan latar belakang sejarah biasa disebut Negeri Antar. Pada masa terakhir ini wilayah kediaman orang Gayo itu sudah menjadi bagia dari beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Gayo Luwes, dan Kabupaten Aceh Tamiang. Wilayah asal kediaman etnik Gayo bernama Tanah Gayo , dikenal juga dengan Dataran Tinggi Gayo, yang merupakan bagian dari rangkaian Bukit Barisan, terletak di bagian tengah wilayah propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Tanah asal kediaman orang Gayo ini dikenal pula dengan nama Nenggeri Antara. Etnik Gayo masih dapat dibagi ke dalam beberapa sub etnik, bahkan beberapa sub-sub etnik, yaitu Gayo Lut, Gayo Deret, Gayo Luwes, dan Gayo Serbejadi.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Dalam masyarakat sederhana, pada awalnya pendidikan dimaksudkan untuk mengajarkan budaya, yaitu mengajar anak untuk mengetahui dan mengamalkan nilai- nilai dan tatacara yang berlaku dalam masyarakat. Proses ini berjalan secara informal, di mana sang anak belajar melalui pengamatan terhadap lingkungan yang terdekat denganya. Apa yang harus dilakukan dalam menghadapi situasi tertentu diketahui melalui pengamatan dan pengalaman. Jadi dalam masyarakat sederhana semua orang yang lebih tua dan lebih berpengalaman adalah pendidik, begitu pula alam sekitarnya. Namun dalam masyarakat yang lebih kompleks, makin banyak yang harus diketahui untuk bisa hidup dalam masyarakatnya dengan baik, karena seseorang tidak bisa lagi belajar dengan sendirinya. Seseorang memerlukan cara lebih efisien untuk dapat menerima transmisi budaya dan pengetahuan yang begitu banyak; Untuk itu diperlukan adanya pendidikan formal dengan guru sebagai pendidik dalam berbagai jenjang dan kekhususan (Tedjasudhana, 1990: 365). Jadi pendidikan itu berlangsung secara nonformal dan formal, selama hidup, di dalam keluarga, di sekolah, dan di tengah masyarakat.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern