manajemen pengetahuan.docx - D Model Manajemen Pengetahuan...

This preview shows page 1 - 2 out of 6 pages.

D. Model Manajemen Pengetahuan Model manajemen pengetahuan dapat dinyatakan secara verbal, diagram, dan matematis. Salah satu model manajemen adalah model siklus kegiatan-kegiatan manajemen atau circular flow diagram atau seperti gambar dibawah . Untuk merancang sistem knowlwdge management yang dapat membantu organisasi untuk meningkatkan kinerjanya, diperlukan empat komponen, yaitu : a. Aspek manusia; disaran pada organisasi untuk menunjuk/memperkerjakan seorang document control atau knowledge manager yang bertanggung jawab mengelola sistem knowledge mangement dengan cara mendorong para karyawannya untuk mendokumentasikan dan mempublikasi knowlwdge mereka, mengatur file, menghapus knowledge yang sudah tidak relevan, dan mengatur sistem reward/punishment. b. Proses; telah dirancang serangkaian proses yang mengaplikasikan konsep model SECI dalam pelaksanaanya. c. Teknologi; telh dibuat usulan penambahan infrastruktur yang diperlukan untuk menunjang berjalannya sistem knowledge mangement yang efektif. d. Isi (content) ; telah dirancang conten t dari sistem knowledge mangement , yaitu berupa database knowledge dan dokumen yang dibutuhkan karyawan untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. Dalam penerapan model manajemen pengetahuan dalam suatu organisasi, tidak hanya didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas (memiliki informasi, pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan) dan teknologi informasi yang tepat guna, tetapi juga budaya berbagi knoeledge. E. Peranan, Tujuan, dan Manfaat Manajemen Pengetahuan
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Dalam menelusuri peranan manajemen pengetahuan dapat dilihat dalam kaitannya dengan pengamatan pengetahuan sebagai basis untuk melahirkan inovasi, meningkatkan respons aktivitas terhadap kebutuhan pelanggan dan stakeholder; meningkatkan produktivitas dan kompetensi karyawan yang telah diberi tugas dan tanggung jawab. Manajemen pengetahuan merupakan bidang yang lebih ditujukan pada upaya mengembangkan dan mempertahankan dnamika dan daya saing perusahaan, untuk membangun dan memelihara daya saing modal intelektual dalam berbagai bidang dalam organisasi. Dengan semakin berkembangnya spesialisasi di dalam organisasi/perusahaan, peran manajemen pengetahuan semakin dibutuhkan dalam berbagai aspek, antara lain : pada tingkatan perusahaan, yaitu keahlian dengan penekanan pada pengelolaan modal intelektual
Image of page 2
You've reached the end of this preview.
  • Fall '09

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern