RESENSI BUKU.docx - RESENSI BUKU Judul Buku Visi Baru...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
RESENSI BUKU Judul Buku : Visi Baru Tentang Kebudayaan – Kritik Terhadap Kebudayaan Modern dan Perspektif Postmodernisme Penulis : Urbanus Ura Weruin Penerbit : PT Pustaka Mandiri, Tangerang Tahun Terbit : 2015 ISBN : 978-602-359-000-1 Tebal buku : 68 halaman ; 17,5 x 25,5 cm Buku “Visi Baru Tentang Kebudayaan-Kritik Terhadap Kebudayaan Modern dan Perspektif Postmodernisme” ini terdiri dari 7 bab yang masing-masing menguraikan sebagian besar mengenai kritik dari perspektif postmodernisme terhadap kebudayaan modern. Berikut ini saya akan menjabarkan lebih lanjut satu persatu dari bab pertama sampai terakhir. Kemudian akan saya bahas juga mengenai kelebihan dan kekurangan dari buku ini. Pada Bab 1, dengan judul Pembalikan Budaya Postmodernisme, menjelaskan munculnya visi baru tentang kebudayaan yang muncul dari perspektif postmodernisme yang memperkenalkan ide semacam’ketidakpercayaan pada metanarasi’, ‘wafatnya sang pengarang’, decentering subject ’, ‘realitas tanpa realitas’, ‘dekonstruksi’ dan sebagainya untuk mengubah kebudayaan modern yang dianggap kaku, ‘totaliter’, ‘eksklusif’, melulu rasional, dan menindas. Secara garis besar, bab ini memperkenalkan apa itu modernisme, modernitas, postmodernisme serta postmodernitas, lalu menunjukkan latar belakang muncul dan berkembangnya pemikiran postmodernisme sebagai kritik terhadap kebudayaan modern juga peta perbedaan secara umum antara modernism dan postmodernisme. Bab 2, dengan judul Postmodernisme sebagai Gerakan Budaya, lebih memperlihatkan dan menekankan juga bukti-bukti dan fakta-fakta bahwa kebudayaan modern itu sudah ‘usang’,
Image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
kuno, dan kurang cocok dianut oleh masyarakat dunia dewasa ini. Bab ini menunjukkan juga menggambarkan bahwa sekarang kebudayaan modern sudah mulai ditinggalkan dan kemudian beralih ke kebudayaan baru yaitu postmodernisme, karena dianggap menawarkan suatu pandangan dunia yang berbeda dari pandangan modernisme. Di bab ini diuraikan mengenai ide- ide atau asumsi yang mendasari munculnya postmodernisme,transformasi masyarakat ke kebudayaan postmodern, dijelaskan juga hal-hal mengenai kebudayaan dan masyarakat serta hiperrealitas kebudayaan yang erat kaitannya dengan perkembangan kebudayaan sekarang ini. Untuk Bab 3 sampai Bab 6, penjelasan mengenai postmodernisme sudah lebih mendalam dan terfokus pada bidang-bidang kehidupan yang mempengaruhi kehidupan dan kebudayaan masyarakat dunia. Pada Bab 3, postmodernisme dijelaskan dan dilihat dari bidang seni, bahwa seni modern dari struktur dan karakteristik, sampai fungsi dan peran seni serta seniman nya harus dikritik dan diubah. Menurut pandangan postmodern, seni tidak memiliki satu tujuan melainkan banyak tujuan yang saling berhubungan. Anggapan seniman modern yang mengatakan bahwa seni mampu mentransformasi dunia kelihatannya terlalu optimistik dan utopis. Perspektif postmodern
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern