Bab7.doc - PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG JURNAL...

This preview shows page 1 - 3 out of 21 pages.

Pencatatan transaksi keuangan untuk perusahaan dapat dilakukan seperti yang telah diuraikan pada bab sebelum ini. Jika diperhatikan dengan teliti, ternyata bahwa transaki yang terjadi di suatu perusahaan dagang banyak yang sama dan berulang kali terjadi., misalnya transaksi: pembelian barang dagangan, penjualan barang dagangan, pembayaran utang akibat transaksi pembelian secara kredit, penerimaan uang dari pelunasan tagihan. Memperhatikan hal tersebut banyak perusahaan yang membuat catatan khusus untuk setiap transaksi yang sering terjadi tersebut, buku catatan seperti ini biasa disebut dengan Jurnal Khusus ( Special Journal ). Jurnal yang digunakan untuk keperluan khusus ini umumnya terdiri dari : 1. Jurnal Penjualan (Sales Journal). Jurnal ini berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. 2. Jurnal Pembelian (Purchases Journal). Jurnal ini berfungsi untuk mencatat transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit. 3. Jurnal Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal). Jurnal ini berfungsi untuk mencatat semua transaksi penerimaan kas dari berbagai sumber penerimaan kas perusahaan. 4. Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal). Jurnal ini berfungsi untuk mencatat semua transaksi pengeluaran kas untuk berbagai pengeluaran yang harus dilakukan perusahaan. 5. Jurnal Memorial (Memorial Journal), jurnal biasa disebut juga Jurnal Umum (General Journal). Jurnal ini berfungsi untuk mencatat semua transaksi yang tidak dapat dicatat dalam empat jurnal yang telah disebutkan di atas, misalnya: transaksi penyelesaian utang piutang dengan menggunakan wesel, transaksi retur pembelian atau penjualan yang dilakukan awalnya secara kredit, dan lain-lain. Bentuk dari Jurnal Penjualan yang hanya digunakan untuk mencatat penjualan barang dagangan secara kredit tampak seperti di bawah ini: PD “AZIZAH” BANDUNG SALES JOURNAL Page : ____ D a t e Description Term of Payment Ref. Account Receivable (Debit) S a l e s (Credit) 2009 May Total ..................... ( ) ( ) Pengisian kolom dalam Jurnal Penjualan semuanya dapat dilihat dalam Faktur Penjualan, yaitu: Date, diisi dengan tanggal transaksi penjualan Description, diisi dengan identitas Debitur (pihak yang membeli barang secara kredit pada kita) Term of Payment, diisi dengan jangka waktu pembayaran 109 PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG JURNAL KHUSUS
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Ref., akan diisi jika data mengenai Debitur sudah dicatat dalam Buku Besar Pembantu Piutang Account Receivable dan Sales, dua kolom ini diisi dengan jumlah akhir yang tertera dalam faktur. Bentuk di bawah ini adalah contoh dari buku Jurnal Pembelian yang hanya digunakan untuk mencatat pembelian barang dagangan secara kredit: PD “AZIZAH” BANDUNG PURCHASES JOURNAL Page : _______ D a t e Description Term of Payment Ref. Purchases (Debit) Account Payable (Credit) 2009 May Total .........................
Image of page 2
Image of page 3

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern