Bab8.doc - PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG...

This preview shows page 1 - 3 out of 23 pages.

Setelah Trial Balance disajikan langkah berikutnya adalah memeriksa kebenaran data antara berupa angka saldo akhir setiap account dengan kenyataan yang ada sebenarnya di akhir periode akuntansi. Sering terjadi bahwa antara catatan dengan kenyataan atau keadaan yang sesungguhnya berbeda, sehingga untuk hal ini perlu dilakukan koreksi atau harus disesuaikan terlebih dahulu. Koreksi atau penyesuaian ini dilakukan dengan membuat Adjusting Jornal Entries (ayat jurnal penyesuaian). Dalam menyusun jurnal penyesuaian, perlu diperhatikan hal- hal berikut : 1. Jurnal penyesuaian selalu dibuat pada akhir periode akuntansi ketika laporan keuangan akan disusun 2. Harus selalu diingat bahwa dalam melalui catatan penyesuain ini kita akan diminta untuk dapat menyatakan atau menetapkan jumlah beban atau jumlah pendapatan yang harus diakui dalam satu periode akuntansi 3. Jurnal penyesuaian selalu melibatkan minimal satu rekening riil (rekening neraca) dan satu rekening nominal (rekening rugi-laba) Account yang memerlukan penyesuaian dalam perusahaan dagang umumnya meliputi : a. Merchandise Inventory (Persediaan Barang Dagangan) dilakukan dengan membuat dua buah jurnal, yaitu jurnal untuk menghilangkan saldo awal dan jurnal untuk mencatat saldo akhir. b. Doubtful Account Expense (Kerugian piutang), yaitu taksiran kerugian yang timbul karena adanya piutang yang tidak bisa ditagih. c. Prepaid Expense (Beban dibayar di muka), yaitu beban-beban yang sudah dibayar tetapi sebenarnya harus dibebankan pada periode yang akan datang. Termasuk dalam hal ini adalah Supplies (Perlengkapan), d. Income Payable (Penghasilan diterima di muka), yaitu penghasilan yang sudah diterima, tetapi sebenarnya merupakan penghasilan untuk periode yang akan datang. e. Fixed Assets Depreciation (Penyusutan aktiva tetap), yaitu penyusutan dari aktiva tetap yang harus dibebankan pada suatu periode akuntansi. f. Income Receivable (Penghasilan yang belum diterima), yaitu penghasilan yang sudah menjadi hak perusahaan tetapi belum dicatat g. Payable Expense (Beban-beban yang belum dibayar), yaitu beban-beban yang sudah menjadi kewajiban perusahaan tetapi belum dicatat Sebagai gambaran dalam menyusun adjustment journal entries untuk keperluan penyusunan financial statement pada akhir periode akuntansi, berikut ini diberikan satu contoh untuk penyusunan tahap pelaporan dari perusahaan dagang. Dari buku besar pembukuan Perusahaan Dagang SURYA diperoleh saldo-saldo per 31 Desember 2009, sebagai berikut: 130 PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Acc. Code Account Name Debit Credit 111 Cash 13.100. 112 Account Receivable 16.000. 113 Merchandise Inventory 22.500. 121 Store Equipment 7.500. 122 Accumulated Depreciation Store Equipment - 3.500. 123 Office Equipment 7.000. 124 Accumulated Depreciation Office Equipment - 2.100. 211 Account Payable - 7.200.
Image of page 2
Image of page 3

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern