Bab6.doc - PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG JURNAL...

This preview shows page 1 - 3 out of 29 pages.

PERUSAHAAN DAGANG Perusahaan Dagang merupakan satu bentuk perusahaan yang beraktivitas dengan cara membeli barang jadi, untuk kemudian dijual kembali tanpa merubah bentuk atau wujud barang tersebut. Kegiatan perdagangan barang-barang dapat digolongkan menjadi pedagang besar dan pedagang eceran. Pedagang besar akan menjual barang dagangannya kepada pedagang eceran atau kepada konsumen yang besar. Pedagang eceran menjual barang-barangnya kepada konsumen akhir. Transaksi yang sering terjadi dalam perusahaan jasa yang telah dijelaskan pada bab terdahulu semuanya dapat terjadi dalam perusahaan dagang. Secara umum catatan- catatan maupun prosedur akuntansi antara perusahaan jasa dengan persuahaan dagang tidak terlalu jauh berbeda. Dimulai dengan pencatatan transaksi keuangan sampai dengan menyusun laporan keuangan untuk disajikan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Hal yang sedikit berbeda dan tidak akan ditemukan dalam perusahaan jasa adalah aktivitas pencatatan untuk masalah transaksi jual beli barang dagangan serta pencatatan terhadap pengembalian atau penerimaan kembali barang dagangan yang telah diperjualbelikan. Selanjutnya untuk masalah pencatatan piutang dan utang, dalam akuntansi perusahaan dagang yang dibahas ini sekarang ditambahkan buku catatan yang berfungsi untuk memperinci jumlah piutang yang harus ditagih atau utang yang harus dibayar kepada pihak lain, yang biasa dikenal dengan sebutan Buku Besar Pembantu ( Subsidiary Ledger ) untuk Piutang Dagang dan Utang Dagang, serta ringkasan dari Buku Besar Pembantu tersebut dalam Daftar Saldo Piutang ( Schedule of Account Receivable ) dan Daftar Saldo Utang ( Schedule of Account Payable ) SALES (PENJUALAN) Perusahaan dagang memperoleh pendapatan utamanya dengan jalan menjual barang dagangan, dan disebut Pendapatan Penjualan ( Revenue from Sales ). Untuk dapat menjual, maka perusahaan dagang harus memiliki barang dagangan, sehingga hal ini menyebabkan sebagian harta yang dimiliki oleh perusahaan dagang terletak pada Persediaan Barang Dagangan ( Merchandise Inventory ). 75 PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG JURNAL UMUM
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Jumlah transaksi penjualan yang terjadi biasanya cukup banyak dibandingkan dengan jumlah transaksi lainnya. Beberapa perusahaan hanya menjual barangnya secara tunai, perusahaan yang lain hanya menjual barangnya secara kredit dan ada lagi yang menjual barangnya dengan kedua cara ini. Penjualan barang secara tunai akan dicatat di sebelah debit pada rekening Cash dan di kredit pada rekening Sales, tetapi untuk penjualan barang dengan cara kredit akan dicatat sebagai debit di Accounts Receivable dan di kredit pada rekening Sales. Untuk penjualan perlengkapan, harta tetap atau barang-barang lainnya yang dibeli untuk dipergunakan dalam perusahaan, dicatat sebagai debit di rekening Cash atau Accounts Receivable dan Kredit pada rekening Supplies atau aktiva yang dijual tersebut.
Image of page 2
Image of page 3

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern