Laprak elek 2.docx - Laporan Praktikum Elektronika 2 Modul...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

Laporan Praktikum Elektronika 2 Modul Praktikum DIGITAL IC’S: FLIPS FLOP Nama : Glenno NPM : 1606883865 Rekan Kerja : Rizqi Imam Gilang Kelompok : 21 Hari : Senin Tanggal : 13 Maret 2018 Modul ke : 2 Laboratorium Elektronika – Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia 2018
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

DIGITAL IC’S: FLIP FLOP TUJUAN Membangun RS flip flop menggunakan gerbang NOR Mengamati aksi atau keluaran dari D flip-flop Mengamati aksi atau keluaran dari T flip-flop Mengamati aksi atau keluaran dari JK flip-flop TEORI DASAR Gambar 3.1 menunjukan symbol skematik untuk sebuah latch set-reset atau RS flip flop. Sebuah tegangan tinggi (+Vcc) diberikan pada input set S dengan tegangan rendah (0V) ke input reset R yang akan memaksa output Q untuk menjadi rendah atau tinggi. Input S yang tinggi akan memberikan output menjadi 15V. dimana output itu akan tetap meskipun input inputnya dilepas. Reset R yang tinggi dan set S yang rendah akan membuat output berpindah- pindah keadaan dari Qbar tinggi ke Qbar rendah. Hal ini disebut sebagai reset reset condition dari flip flop. Rangkaian ini akan tetap pada posisi tersebut hingga diberikan input reverse . Rangkaian ini akan berada pada salah suatu dari dua keadaan. Input S yang tinggi akan membuat Q tinggi, Input R yang tinggi akan me-reset Q menjadi rendah. Output Q akan tetap berada pada suatu kondisi yang berlawanan. Gambar 1. Simbol RS flip flop Tabel 3.1 meringkas operasi Flip Flop. Saat kedua input control rendal. Mak tidak ada perubahan yang terjadi di output dan rangkaian tetap berada pada keadaan terakhirnya. Kondisi ini disebut sebagai inactive state karena tidak ada yang berubah. Ketika R rendah, dan S tinggi, rangkaian akan mengatur keluaran Q tinggi. Disisi lain, jika R tinggi dan S rendah maka keluaran Q akan rendah. Dan output Q bar (Q) adalah invers dari output Q. Terlihat pada tabel 3.1 bahwa saat R san S sama-sama tinggi maka keadaan ini disebut invalid condition. Ini tidak pernah digunakan karena operasi ini melawan asas yang seharusnya. Ini artinya ada mencoba untuk me set dan me reset flip flop disaat yang bersamaan, dimana itu tidak dapat terjadi.
Image of page 2
3 R S Q Keterangan 0 0 NC Tidak berubah 0 1 1 Set 1 0 0 Reset 1 1 * Tidak valid Tabel 3.1 RS Latch NOR Latches Gambar 3.2 adalah NOR Latch, atau flip flops RS. Seperti yang ditunjukan pada Tabel 3.1, R rendah dan S rendah akan menghasilkan keadaan inaktif. Di keadaan ini, rangkaian menyimpan atau mengingat. R rendah dan S tinggi mewakili kondisi set, sedangkan R yang tinggi dan S yang rendah mewakili kondisi reset. R tinggi dan S tinggi akan menghasilkan kondisi tidak valid, dimana outputnya tidak jelas sehingga kita tidak boleh memberikan kondisi R=1 dan s=1 saat menggunakan NOR latch. Gambar 3.2 NOR Latch dan diagram waktunya NAND LATCH Gambar 3.3 memperlihatkan RS latch yang dibuat dengan gerbang NAND yang terkopel secara silang. Karena ada persilangan gerbang NAND, kondisi inaktif dan invalidnya akan terbaik seperti pada Tabel 3.2. Oleh karena itu, setiap kali anda menggunakan NAND latch
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '13
  • terrymart

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern