105684426-Cost-Volume-Profit-Analysis.docx

105684426-Cost-Volume-Profit-Analysis.docx -...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
COST-VOLUME-PROFIT ANALYSIS Penyusun: Munar Salehmiko (0901103010112) Muhammad Rizkhy (0901103010157) Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Abstract Cost-Volume-Profit (CVP), dalam ekonomi manajerial adalah bentuk dari akuntansi biaya. Ini adalah model sederhana, yang berguna untuk pengajaran dasar dan untuk keputusan jangka pendek. Cost-Volume-Profit(CVP) analysis memperluas penggunaan informasi yang diberikan oleh analisis impas. Sebuah bagian penting dari analisis CVP adalah titik di mana total pendapatan sama dengan total biaya (baik biaya tetap dan variabel). Pada titik impas, perusahaan tidak akan mengalami laba atau rugi. Titik impas dapat menjadi pemeriksaan awal yang mendahului analisis CVP lebih rinci. Cost-Volume-Profit analisis menggunakan asumsi-asumsi dasar yang sama seperti dalam analisis impas. Asumsi yang mendasari analisis CVP adalah: Perilaku baik biaya dan pendapatan adalah linier sepanjang rentang aktivitas yang relevan. (Asumsi ini menghalangi konsep diskon volume di kedua bahan baku yang dibeli atau penjualan.) Biaya dapat diklasifikasikan secara akurat sebagai biaya tetap atau variabel. Perubahan dalam kegiatan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi biaya. Semua unit yang diproduksi untuk dijual (tidak ada persediaan barang jadi akhir). Komponen biaya-volume-laba analisis adalah: tingkat aktivitas atau volume satuan harga jual, variabel biaya per unit, total biaya tetap, dan penjualan campuran. Key-word : Cost-Volume-Profit analysis I. PENDAHULUAN 1
Image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Manajer keuangan di setiap perusahaan berkompeten dalam mendesain model keuangan untuk menyesuaikan keputusan operasional dan strategis, seperti perencanaan laba atau penggunaan optimal dari suatu sumber daya yang langka dan membangun suatu model dasar keuangan, yaitu cost-volume-profit (CVP). Model keuangan adalah penyajian kenyataan di dalam dunia bisnis. Model keuangan memerlukan analisis yang mengembangkan satu set persamaan yang menghadirkan suatu operasi perusahaan dan hubungan keuangannya. Jika model keuangan dikembangkan, maka akan dapat digunakan untuk menyelidiki kombinasi variabel berbeda yang saling berhubungan satu sama lainnya dan juga untuk melihat apa saja hasil yang diperkirakan dalam skenario berbeda. Model keuangan menawarkan beberapa manfaat kepada para pemakai. Jika model keuangan dikembangkan, maka para pemakai dapat berkonsentrasi atas analisa kepentingan departemen sebagai ganti jumlah yang dibahas. Hal ini memberi pengertian yang mendalam pada para manajer keuangan tentang kemungkinan hasil bisnis tanpa resiko mencobanya terlebih dahulu. Satu model yang telah terbukti bermanfaat adalah model Cost-Volume-Profit (CVP). Model ini memperlihatkan efek perubahan volume pada biaya perusahaan, pendapatan, dan laba. Model dasar ini menggabungkan empat variabel penting: volume penjualan, biaya-biaya, pendapatan, dan laba. Walaupun model ini disebut cost-volume-profit , model ini juga dapat digunakan oleh perusahaan nirlaba juga. Perusahaan seperti itu melaksanakan analisa untuk
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern