AMBL Kelompok 5 - Cable Tech Bell.pdf

AMBL Kelompok 5 - Cable Tech Bell.pdf - AKUNTANSI MANAJEMEN...

Info icon This preview shows pages 1–5. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
AKUNTANSI MANAJEMEN BIAYA LANJUTAN ANALISA KASUS CableTech Bell (CTB) Corporation Disusun Oleh: Kelompok 5 Kelas F17-2S Nama NPM Annisa Perbawati 1706089684 Ariska Purnamawati 1706132272 Ren Adam Abdillah Siregar 1706132423 PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS INDONESIA 2018
Image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
I. Ringkasan Kasus CableTech Bell Corporation (CTB) merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri telekomunikasi, yang terdiri dari dua divisi yaitu Divisi Telepon dan Divisi Cable Services . Divisi Cable Service memiliki kinerja yang bagus dan stabil dalam dua tahun terakhir. Berikut aktivitas yang dilaporkan oleh divisi cable service untuk bulan Maret. Perhitungan unit cost divisi tersebut terdiri dari 70% biaya produksi dam 30% biaya marketing, dimana sebelumnya hanya menggunakan biaya produksi untuk perhitungan unit cost. Selain itu divisi ini juga hanya menggunakan direct labor cost sebagai driver yang digunakan untuk menelusuri biaya. Berbeda dengan Divisi Cable Services , Divisi Telepon mengalami kinerja profit yang menurun. Hal ini disebabkan karena kompetitor menetapkan harga yang lebih rendah dari CTB, selain itu divisi ini juga memiliki biaya rework dan garansi yang cukup besar. Oleh sebab itu manajemen ingin melakukan penurunan harga, namun dengan terlebih dahulu melakukan analisa terhadap biaya per unit. Diketahui bahwa Divisi Telepon sudah menggunakan system dan metode akuntansi biaya yang sama selama 10 tahun, dimana metode tersebut sudah using saat ini. Jacob sebagai controller Divisi Telepon melakukan analisa dan studi pada sistem akuntansi biaya tersebut dan menganalisa jika direct labor cost cukup digunakan untuk menelusuri biaya, jika tidak maka diperlukan non-unit-driver yang baru. Berikut data yang diperoleh untuk Divisi Telepon selama bulan Maret.
Image of page 2
Hasil analisa Jacob mengungkapkan bahwa direct labor cost sebagai driver dari biaya overhead tidak dapat menjelaskan banyak variasi, sehingga diperoleh driver yang lainnya yaitu jumlah moves , dimana hasil analisa mengungkapkan bahwa jumlah moves merupakan driver yang bagus dan sesuai untuk biaya material handling . Selain itu diketahui bahawa terdapat idle time dalam aktivitas inspeksi. Kim sebagai kepala Divisi Telepon meminta Jacob memelakukan pilot project untuk analisa pendahuluan metode ABC. Kim menginstruksikan untuk menetapkan semua biaya overhead kepada dua produk yaitu Regular dan Deluxe menggunakan empat aktivitas. Berikut informasi biasa dan driver yang disediakan oleh Jacob untuk divisi telepon. II. Analisa Pertanyaan 1. Hitung dua biaya per unit yang berbeda untuk setiap produk Divisi Cable Service . Apa tujuan manajerial dari dua perhitungan biaya per unit ini?
Image of page 3

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Metode 1 merupakan perhitungan dengan menggunakan seluruh biaya produksi sebagai unit cost. Dalam metode 1 tidak mempertimbangkan adanya biaya marketing dan customer service dalam menetapkan unit cost yaitu sesuai standar pelaporan keuangan.
Image of page 4
Image of page 5
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern