Statistik fix.docx - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Deret waktu pada dasarnya digunakan untuk melakukan analisis data yang mempertimbangkan pengaruh waktu. Data-data yang dikumpulkan secara periodik berdasarkan urutan waktu, bisa dalam jam, hari, minggu, bulan, kuartal dan tahun. Selain itu analisis deret waktu bisa digunakan untuk peramalan data beberapa periode ke depan yang sangat membantu dalam menyusun perencanaan ke depan. Data deret waktu terdapat dalam berbagai bidang, misalnya bidang ekonomi misalnya data penjualan setiap hari, keuntungan perusahaan dalam setiap tahun dan total nilai ekspor dalam setiap bulan. Data deret waktu pada bidang fisika misalnya data curah hujan bulanan, temperatur udara harian, gerak partikel, sedangkan pada bidang demografi misalnya data pertumbuhan penduduk, mortalitas dan natalitas. Di bidang pengontrolan kualitas, data deret waktu misalnya data proses pengontrolan kualitas produk, pengontrolan proses produksi, dan untuk bidang biomedis misalnya data denyut nadi, proses penyembuhan, pertumbuhan mikroba. 1.2 Rumusan Masalah 1.2.1 Apa Pengertian deret waktu? 1.2.2 Apa macam-macam komponen deret waktu? 1.2.3 Metode – metode apa saja yang digunakan dalam analisis trend? 1.2.4 Bagaimana cara megetahui Trend Kuartalan dan Bulanan? 1.2.5 Apakah yang dimaksud dengan Variasi Musiman? 1.3 Tujuan 1.3.1 Mengetahui Pengertian dari deret waktu. 1.3.2 Mengerti apa saja macam-macam komponen dari deret waktu. 1.3.3 Mengetahui berbagai metode yang dapat digunakan dalam analisis trend 1.3.4 Dapat mengetahui dan mencari Trend Kuartalan dan Bulanan dari suatu kasus, 1.3.5 Dapat mengerti Variasi Musiman BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Deret Waktu M a k a l a h S t a t i s t i k a A n a l i s a D e r e t W a k t u Page 1
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

X Y X Y Data deret waktu (data berkala) adalah data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan atau sekumpulan hasil observasi yang diatur dan didapat menurut urutan kronologis waktu, misalnya perkembangan produksi, harga barang, hasil penjualan, jumlah penduduk, dll. Analisis data berkala memungkinkan kita untuk mengetahui perkembangan suatu atau beberapa kejadian serta pengaruhnya atau hubunganya terhadap kejadian lain.Dengan data deret waktu kita dapat membuat ramalan berdasarkan garis regresi atau garis trend. Data berkala terdiri dari komponen-komponen, sehingga dengan analisis data berkala kita dapat mengetahui masing-masing komponen atau bahkan menghilangkan suatu atau beberapa komponen. Karena ada pengaruh dari komponen, data berkala selalu mengalami perubahan- perubahan, sehingga apabila dibuat grafik akan menunjukkan adanya fluktuasi. 2.2 Macam-Macam Komponen Deret Waktu Ada empat komponen gerak/variasi data berkala, yaitu : 2.2.1 Gerak Jangka Panjang atau Trend Trend melukiskan gerak data berkala selama jangka waktu yang panjang atau cukup lama. Gerak ini mencerminkan sifat kontinuitas atau keadaan yang serba terus dari waktu ke waktu selama jangka waktu tertentu. Karena sifat kontinuitas ini, maka trend dianggap sebagai gerak stabil dan menunjukkan arah perkembangan secara umum (kecenderungan menaik atau menurun).
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Winter '11

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern