{[ promptMessage ]}

Bookmark it

{[ promptMessage ]}

Modul Pertemuan 4.docx - PERPAJAKAN I Pertemuan ke-4 Nomor...

Info icon This preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
PERPAJAKAN I Pertemuan ke-4 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Deskripsi pertemuan: Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 1. Pengetian NPWP 2. Fungsi NPWP 3. Tatacara mendapatkan dan hapusnya NPWP 4. E-Registration Kemampuan akhir: Setelah mengikuti pokok bahasan ini mahasiswa mampu menyebutkan konsep NPWP. Bahasan Wajib pajak adalah pihak yang ditunjuk dalam undang-undang KUP, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, untuk melaksanakan kewajiban perpajakan. Kewajiban pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri. Langkah ini memungkinkan instasi pajak memiliki suatu daftar yang menyeluruh mengenai semua wajib pajak yang diperkirakan memiliki kewajiban memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan dimana daftar tersebut biasa disebut dengan “Daftar Wajib Pajak”. Daftar wajib pajak merupakan sarana yang sangat bermanfaat dalam menentukan wajib pajak mana yang tidak memasukkan surat pemberitahuan (SPT) atau pemenuhan kewajiban perpajakan lainnya. Daftar wajib pajak ini adalah hal mutlak yang sangat penting di dalam administrasi perpajakan yang efisien. Daftar ini juga merupakan prioritas utama dari
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
program dasar administrasi perpajakan karena tanpa daftar tersebut maka tidak akan ada jaminan akan efektifnya sebuah administrasi perpajakan. Pada dasarnya suatu administrasi perpajakan yang benar dimulai dengan proses registrasi dimana kana diketahui berapa jumlah wajib pajak, aktivitas wajib pajak tersebut, dan kekayaannya yang bisa dijadikan bahan pembanding dalam mengevaluasi penghasilannya. Identifikasi wajib pajak tidak hanya dilihat dari sudut pandang kepentingan penerimaan negara saja tetapi dapat pula digunakan untuk mengukur tingkat kepatuhan wajib pajak yang merupakan prinsip dasar dari keadilan dalam perpajakan. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya perbuatan tidak jujur wajib pajak. Daftar wajib pajak harus mengikuti perkembangan yang mutakhir dari wajib pajak seperti perubahan domisili, perubahan nama pribadi, perubahan nama perusahaan, wajib pajak yang meninggalkan tanah air ataupun yang sudah meninggal dunia. 2.2 Pengertian NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak atau biasa dikenal dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Setiap wajib pajak hanya diberikan satu NPWP yang unik dan berbeda dengan wajib pajak yang lain. NPWP terdiri dari 15 digit. 8 digit pertama merupakan kode administrasi pajak, 1 check digit, 3 kode KPP dan 3 kode cabang. Selain itu NPWP juga dapat dipergunakan untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan dalam pengawasan administrasi perpajakan. Dalam hal yang berhubungan dengan
Image of page 2
dokumen perpajakan, wajib pajak diharuskan untuk mencantumkan NPWP yang dimilikinya.
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern