{[ promptMessage ]}

Bookmark it

{[ promptMessage ]}

MODUL SIM BAB II.docx - BAB II Global E-Business How...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
BAB II Global E-Business: How Businesses Use Information Systems A. PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI Sebuah bisnis pada dasarnya dapat beroperasi dengan adanya informasi dari pemasok, pelanggan, karyawan, tagihan dan pembayaran, dan tentu saja produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis itu sendiri. Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh informasinya, membuat keputusan yang lebih baik, dan meningkatkan pelaksanaan proses bisnis mereka. PROSES BISNIS Proses bisnis adalah arus kerja dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan seperangkat aktivitas berhubungan secara logis yang menerangkan bagaimana tugas bisnis tertentu dilaksanakan. Proses bisnis juga mengacu kepada cara unik dimana manajemen memilih untuk mengkoordinasi pekerjaan. Kinerja perusahaan tergantung kepada seberapa baik proses bisnis dirancang dan dikoordinasikan. Proses bisnis perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan kompetitif jika dapat memungkinkan perusahaan berinovasi atau untuk menjalankannya dengan lebih baik dari pesaingnya. BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MENINGKATKAN PROSES BISNIS: EFESIENSI DAN PERUBAHAN Teknologi informasi dapat memungkinkan secara keseluruhan proses bisnis yang baru. Informasi bahkan dapat mengubah cara bisnis bekerja dan mendorong model bisnis yang sepenuhnya baru. Dengan menganalisis proses bisnis, kita juga dapat mulai mengerti bagaimana untuk mengubah bisnis agar menjadi lebih efektif dan efesien. B. JENIS SISTEM INFORMASI Terdapat berbagai sitem yang berbeda dalam menjalani proses bisnis. Terkadang malah membuat situasi menjadi rumit, maka diperlukan dua sudut pandang untuk mengerti sistem yang rumit tersebut. Dimulai dengan sudut pandang fungsional yang mengenali sistem berdasarkan fungsi bisnis utama, dan sudut pandang pilihan yang mengenali sistem sebagai kelompok organisasi utama yang dilayaninya. Pada dasarnya sudut pandang fungsional menggambarkan sistem informasi yang mendukung fungsi bisnis utama, yaitu : penjualan dan pemasaran, manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, dan sumber daya manusia.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
1. SUDUT PANDANG FUNGSIONAL SISTEM PENJUALAN DAN PEMASARAN Sistem bertanggung jawab dalam menjual produk atau jasa dan memungkinkan perusahaan mengidentifikasi pelanggan produk dan jasa perusahaan, mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan jasa, menjual produk dan jasa, dan memberikan dukungan pelanggan yang berkelanjutan. Sistem ini juga berfungsi
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern