3. Inisiasi Ketiga.doc - INISIASI TIGA PERSEPSI Dalam...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

INISIASI TIGA PERSEPSI Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada kenyataan bahwa sebuah fenomena seringkali dimaknai secara berbeda oleh orang berbeda. Sebagai contoh, hampir semua orang tahu dan boleh jadi mengiyakan bahwa istilah “jam karet” selalu berkonotasi buruk – tidak tepat waktu, tidak menghargai waktu atau suka ngulur-ulur waktu. Meski demikian ada sebagian orang yang melihat sisi positif dari jam karet. Seorang mahasiswa Jepang yang melakukan studi tentang jam karet di Indonesia menganggap bahwa jam karet adalah sebuah kenyataan bahwa orang Indonesia sangat fleksibel. Contoh ini memberi gambaran bahwa fenomena yang sama dimaknai secara berbeda oleh orang yang berbeda. Perbedaan pemaknaan ini salah satunya disebabkan karena sudut pandang dalam melihat fenomena tersebut berbeda sehingga persepsi masing-masing juga berbeda. Contoh ini juga sekaligus mempertegas sebuah postulat bahwa dunia persepsi tidak sama dengan dunia rill. Definisi Persepsi Persepsi sering didefinisikan sebagai proses kognitif yang memungkinkan seseorang menerima, menyeleksi, menginterpretasikan, memahami dan memaknai stimulus yang berasal dari lingkungan sekitar. Pengertian ini menegaskan bahwa persepsi merupakan sebuah proses yaitu sebuah proses kognitif. Luthan bahkan lebih tegas lagi mengatakan bahwa persepsi adalah sebuah proses kognitif yang tidak sederhana. Dikatakan sebagai proses kognitif karena, (1) persepsi bukan merupakan snapshot – potret sesaat terhadap stimulus melainkan sebuah aktivitas berjalan yang berkelanjutan dan (2) dalam mempersepsi, seseorang memerlukan pengetahuan untuk memproses informasi yang terkandung dalam setiap stimulus yang hadir dan bisa ditangkap seseorang.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Proses Persepsi Seperti telah diutarakan sebelumnya, persepsi merupakan proses kognitif yang panjang. Jika disederhanakan (lihat gambar), proses tersebut bermula dari datangnya berbagai macam stimulus. Karena stimulus jumlahnya begitu banyak sementara kapasitas manusia untuk menangkap stimulus tersebut sangat terbatas maka langkah pertama yang dilakukan seseorang adalah menyaringnya dengan alat sensor – biasa disebut sebagai indera penyaring (sensory filters). Dengan menggunakan indera penyaring maka hanya stimulus yang mendatangkan sensasi yang akan kita tangkap dan diproses lebih lanjut. Meski demikian tidak semua sensasi bisa menarik perhatian. Oleh sebab itu sensasi yang ditangkap oleh tubuh dikirim ke otak untuk diproses lebih lanjut. Otak manusia yang berfungsi sebagai alat “penyaring perhatian – attention filters” menyeleksi beberapa sensasi yang perlu mendapat perhatian. Hasilnya, hanya beberapa sensasi yang diproses lebih lanjut menjadi informasi. Pada tahap ini informasi masih acak. Oleh karena itu tahap selanjutnya, tahap terakhir, informasi dikategorisasikan dan ditata (diseleksi ulang) untuk diinterprestasi, dipahami dan dimanaknai. Dari sinilah dilakukan penilaian terhadap stimulus yang datang kepada kita dan untuk selanjutnya dibuat keputusan- keputusan yang benar menurut kriteria kita.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Fall '17
  • Dr. Meutia

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern