{[ promptMessage ]}

Bookmark it

{[ promptMessage ]}

4. Inisiasi Keempat.doc - INISIASI KEEMPAT MOTIVASI Ada...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
INISIASI KEEMPAT MOTIVASI Ada tiga alasan mengapa motivasi penting bagi manajemen. Pertama , perusahaan pada umumnya berusaha untuk merekrut karyawan-karyawan yang memiliki talenta yang dibutuhkan. Namun tidak bisa dipungkiri jika sebagian besar perusahaan memiliki karyawan dengan kualifikasi rata-rata. Dengan kondisi karyawan seperti ini, memotivasi karyawan bukan sebuah pilihan tetapi sebuah keharusan bagi para manajer jika menginginkan perusahaan yang dikelolanya terus berkembang. Kedua , memotivasi berarti melakukan perubahan, khususnya perubahan prilaku. Oleh karena itu memotivasi karyawan bukan pekerjaan mudah. Berbagai macam upaya, rekayasa dan intervensi terkadang dilakukan semata-mata agar karyawan mau melakukan perubahan prilaku. Toh hasilnya seringkali tidak seperti yang diharapkan. Bahkan tidak jarang para manajer harus berhadapan dengan resistensi yang begitu kuat. Berkaitan dengan semua itu, maka ketiga , sering dikatakan bahwa memotivasi menjadi semakin mudah jika yang dimotivasi mau mencoba. Artinya, peran pihak lain dalam motivasi sesungguhnya hanya sebatas upaya agar orang yang dimotivasi mau melakukan tindakan, namun apakah orang tersebut mau melakukan tindakan atau tidak semuanya dikembalikan pada orang yang bersangkutan karena hanya orang bersangkutan yang mampu mengontrol dirinya. Pengertian Motivasi Sebuah proses psikologis yang menyebabkan tergeraknya, terarahkannya dan terpeliharanya secara terus menerus tindakan-tindakan sukarela yang berorientasi pada satu tujuan tertentu. Sementara itu Luthan mengatakan bahwa motivasi adalah sebuah proses yang dimulai dari tidak terpenuhinya (deficiency) kebutuhan fisiologis atau psikologis yang memicu prilaku atau dorongan untuk menggapai tujuan atau memperoleh insentif.
Image of page 1

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang esensi dari konsep motivasi, kedua definisi diatas akan dielaborasi lebih lanjut. Pertama , motivasi pada dasarnya merupakan studi tentang tindakan dimana tindakan tersebut melibatkan proses psikologis. Hal ini bisa diartikan bahwa yang menggerakkan seseorang untuk bertindak tidak hanya melibatkan aspek fisik (biologis) tetapi juga non-biologis (psikis dan sosial). McCornnell misalnya mengatakan bahwa motivasi melibatkan aspek biologis, social dan intra-psychic. Ketiga faktor inilah yang mempengaruhi proses motivasi. Kedua , dilihat dari proses terbentuknya, motivasi biasanya berangkat dari terjadinya ketidakseimbangan fisiologis maupun psikologis yang membutuhkan tindakan untuk menyeimbangkannya. Oleh karena itu jika dilihat dari komponen-komponen pembentuk motivasi, motivasi melibatkan tiga komponen utama yaitu kebutuhan, dorongan dan insentif/tujuan. Ketiga komponen tersebut seperti tampak pada gambar 4.1 terjadi secara berurutan (sequential) dalam pengertian kebutuhan akan terlebih dahulu muncul sebelum seseorang terdorong untuk melakukan tindakan. Dan semua tindakan tersebut (proses motivasi) baru akan berakhir manakala seseorang bisa memenuhi apa yang dibutuhkan atau diinginkannya.
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern