c9 khalayak dalam lingkungan bisnis.docx

c9 khalayak dalam lingkungan bisnis.docx - BAB 1...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Ketika seseorang melakukan presentasi tentunya ada audiens dan bisa jadi audiens ini berjumlah tidak hanya satu tapi bisa saja banyak, inilah yang dinamakan Khalayak. Keberhasilan setiap presentasi bergantung kepada kemampuan pembicara dalam beradaptasi dengan khalayak. Tanpa memperhatikan tujuan, lingkungan, atau topic, kewajiban pertama pembicara adalah menganalisis khalayak secermat-cermatnya dan seakurat-akuratnya. Pengetahuan pembicara, perhatian terhadap organisasi, masalah-masalah yang terlibat dan dedikasi terhadap proposal (usulan) atau jalannya tindakan tidak akan menggantikan keberhasilan pembicara dalam beradaptasi dengan khalayak. Hugh Duncan (1968) menyatakan, “Karena seluruh bentuk pidato melibatkan khalayak, hubungan pembicara dan khalayak berpengaruh kuat terhadap keberhasilan dan kegagalan dalam pidato tersebut. Sebagai pembicara percaya bahwa kebijakan proposal yang dianjurkan merupakan pendekatan yang tepat. Dalam benaknya fakta-fakta yang mendukung posisinya jelas mutlak. Ia telah mengorbankan banyak waktu untuk mempelajari masalah-masalah yang terlibat. Baginya, merupakan suatu hal yang wajar bahwa setiap orang yang menyimak apa yang akan ia katakana, akan memahami proposalnya, menerima, dan menyetujui pelaksanaanya dengan segera. B. Rumusan Masalah 1. Mengapa analisis khalayak perlu dilakukan sebelum presentasi? 2. Apa pentingnya mengetahui perbedaan individu bagi para penyimak? 3. Bagaimana penyaji memperoleh informasi? 4. Bagaimana mengenali perilaku orang-orang? 5. Kapan pembicara mengobservasi calon penyimak? 6. Bagaiman proses pengambilan keputusan? C. Tujuan Penulisan 1. Menjelaskan mengapa analisis khalayak perlu dilakukan sebelum mempersiapkan presentasi. 2. Menjelaskan mengapa pemahaman mengenai perbedaan individual di antara para penyimak merupakan hal penting bagi penyaji.
Image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
3. Mengenali bagaimana orang-orang berperilaku pada saat berpartisipasi dalam kegiatan kelompok. 4. Mengenali kapan pembicara harus mulai mengobservasi calon penyimak potensial secara cermat. 5. Menjelaskan bagaimana dapat memperoleh informasi berharga mengenai penyimak dengan mengajukan pertanyaan atau mengadakan survei. 6. Menjelaskan bagaimana pemahaman mengenai proses pengambilan keputusan akan membantu menganalisis khalayak. BAB II PEMBAHASAN I. Khalayak dalam Lingkungan Bisnis A. Penyimak dalam Konteks Bisnis Karena setiap penyimak pada setiap presentasi merupakan individu yang unik, maka setiap pesan akan disaring berdasarkan pengalaman, kebutuhan, sikap, kepercayaan, nilai- nilai, dan seterusnya. Pada bab ini, kita akan membahas cara-cara khusus untuk memenuhi tugas yang sangat penting tersebut. Adaptasi yang berhasil bukan hanya masalah beradaptasi dengan para penyimak individual (perseorangan). Orang-orang juga termasuk dan berpartisipasi dalam berbagai kelompok dan organisasi. Selain perbedaan diantara orang- orang juga terdapat persamaan yang penting. Jadi anda pun harus menyadari bahwa sebagian
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern