perubahan.docxn.docx - SEEING is BELIEVING atau BELIEVING...

This preview shows 1 out of 3 pages.

komitmen percaya melihat komitmen “SEEING is BELIEVING” atau “ BELIEVING is SEEING” Pengaruh prinsip-prinsip keimanan dalam beragama ternyata begitu mengakar kuat dalam konsep manajemen perubahan. Prinsip itu menekankan pentingnya “believe” (percaya) untuk mampu “melihat” perubahan. Demikian lah perubahan yang dalam banyak hal tidak mudah dibaca secara kasat mata, sebab sebagian orang melihat tetapi yang lain tidak, sedangkan yang melihat saja belum tentu bergerak kalau ia tidak percaya atas apa yang telah dilihatmya. Demikian pula dalam melakukan perubahan, benar bahwa manusia biasa bukan lah nabi , namun kalau pemimpinnya dapat dipercaya, tidak bias, berkarakter, punya keahlian yang dihormati dan menjalankan apa yang diucapakan, maka ia akan dapat membangkitkan kepercayaan. Bukti bahwa perubahan itu baik adanya pemimpin itu benar-benar tulus dan punya kemampuan atau bukti bahwa perubahan yang dicanagkan berada pada trek yang benar. Artinya manusia butuh sesuatu yang kongkret. Believing = Committing Sebagian besar orang mengatakan bahwa komitmenlah yang mendorong keberhasilan, komitmen mendorong kepercayaan dan semangat bekerja , tanpa ada komitmen mana ada pergerakan menuju perbaiakan. Kerja keras, jujur, dan ulet adalah pelaksanaan dari komitmen. Pada dasarnya orang berani berkorban karena percaya pada orang-orang lain, bahwa merekapun rela berkorban. Masyarakat cenderung selfish yaitu masyarakat yang mengedepankan tuntutan diri/kelompok masing-masing masyarakat ini cenderung penuh kecurigaan dan selalu dibayang-bayangi rasa takut kehilangan. Dalam masyarakat yang demikian sulit diperoleh komitmen secara cuma-cuma, dengan kata lain masyarakat tipe ini membutuhkan “reward” dimuka berupa bukti yang dapat mereka lihat, sebelum memberikan komitmen nya. Dalam masyarakat ini, perubahan lebih sulit dilakukan karena mereka baru mau berubah kalau ada bukti-bukti. Contoh : Keterangan : masyarakat altruistik percaya melihat Masyarakat umum melihat percaya
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Masyarakat adalah cerminan dari apa yang dilakukan para pemimpinnya. Gandhi menanamkan prinsip-prinsip gerakan tanpa kekerasan dan kerelaan berkorban, ia sendiri berjalan kaki memimpn longmarck, berpakaian sederhana dan komit dengan kata-kata. Ia memperoleh kepercayaan karena mereka semua percaya kepadanya. Oleh sebab itulah
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Summer '16
  • Kamaludding

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern