BAB 1-3.docx - BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kantor...

This preview shows 1 out of 3 pages.

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kantor akuntan publik adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang jasa. Berupa jasa audit operasional, audit kepatuhan ( compliance audit ), dan audit laporan keuangan. (Arens dan Loebbecke, 2008). Profesi akuntan publik bertanggung jawab atas kepercayaan dari masyarakat yang berupa tanggung jawab moral dan tanggung jawab professional. Tanggung jawab moral merupakan kompetensi yang harus dimiliki auditor, sedangkan tanggung jawab professional merupakan tanggung jawab akuntan terhadap asosiasi profesi berdasarkan standar profesi yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Masalah etika menyangkut kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan dalam melaksanakan tugasnya sebagai akuntan. Masalah tersebut berkaitan dengan pelanggaran moral yang dilakukan oleh akuntan baik akuntan publik, akuntan manajemen, dan akuntan publik. Finn dkk. (1994) menjelaskan bahwa sikap etis dalam profesi akuntan menunjukkan jika akuntan publik memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan tidak etis. Sudibyo (1995) dalam Komsiyah dan Indriantoro (1998) menjelaskan bahwa dunia pendidikan akuntansi mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku etis auditor. Hal tersebut menunjukkan bahwa sikap dan perilaku etis akuntan (audior) dapat terbentuk melalui proses pendidikan yang terjadi dalam instirusi yang memiliki program studi akuntansi. Penelitian Mueller dan Clarke (1998) menunjukkan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap sensitivitas etika. 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

sensitivitas etika didefinisikan sebagai variabel personalitas yang menunjukkan reaksi individu ketika merasakan adil atau tidak adil (Huseman, Hatfield & Miles, 1987). Huseman dkk. (1985) menjelaskan bahwa individu dapat dikategorikan sebagai benevolent (givers), sensitivitas etika, dan entitleds (getters) . Pada penelitian Fatmawati (2007)) menemukan bahwa faktor sensitivitas etika tidak berpengaruh terhadap perilaku etis auditor di Kantor Akuntan Publik. Kemudian, faktor lain yang mempengaruhi perilaku etis yaitu penelitian Mudrack (1993) menunjukkan bahwa faktor individu yang berpengaruh terhadap perilaku etis adalah locus of control (LoC). Penelitian Jones dan Kavanagh (1996) dan Ustadi dan Utami (2005) menjelaskan bahwa individu yang memiliki internal LoC cenderung berperilaku etis dibandingkan individu dengan eksternal LoC. Berbeda dengan penelitian Fatmawati (2007) yang menghasilkan LoC tidak mempengaruhi perilaku etis auditor di Kantor Akuntan Publik. Selain itu, Tikollah dkk. (2006) mengelompokkan perilaku etis seseorang dalam tiga aspek, yaitu (a) aspek individual (religiusitas, kecerdasan, kemampuan mengelola emosional, gender, iklim etis individu, sifat-sifat personal, dan kepercayaan bahwa orang lain lebih tidak etis); aspek organisasi (suasana etis organisasi dan suasana organisasi); dan (c) aspek lingkungan (lingkungan organisasi dan lingkungan sosial). Tiga aspek tersebut merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja akuntan publik.
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Spring '14

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern