TUGAS3-ERSAKUSUMAWARDANI-0115103003.docx

TUGAS3-ERSAKUSUMAWARDANI-0115103003.docx - NAMA ERSA...

This preview shows 1 out of 3 pages.

NAMA : ERSA KUSUMAWARDANI NPM : 0115103003 AKUNTANSI REGB2/D TUGAS 3 AUDITING II 1. Jelaskan dan uraikan apa yang dimaksud dengan program Audit Saldo Kas. Berikan contoh program tersebut yang dibuat oleh seorang auditor jika mengaudit perusahaan perbankan!! Dalam prosedur audit awal, auditor membuktikan keandalan catatan akuntansi kas yang diselenggarakan oleh klien, dengan cara mengusut saldo kas yang dicantumkan di neraca ke dalam akun kas yang diselenggarakan didalam buku besar, membuktikan ketelitian penghitungan saldo akun kas di dalam buku besar dan membuktikan sumber pendebitan dan pengkreditan akun kas didalam buku besar ke dalam jurnal penerimaan kas dan register cek. Pada dasarnya proses audit saldo kas memiliki tujuan untuk menilai kewajaran suatu entitas. Dalam proses mengaudit kas auditor memiliki tujuan untuk memperoleh keyakianan bahwa saldo kas yang ada di neraca benar-benar sesuai dengan saldo yang sebenarnya sebagaimana telah disesuaikan dengan bukti-bukti yang tersedia. Langkah-langkah untuk mengaudit kas pertama kali dilakukan auditor yakni melakukan prosedur audit awal, dimana auditor mendapatkan pemahaman atas bisnis klien dan mencocokkan antara saldo investasi awal dan kas dengan jumlah yang diaudit. Selanjutnya prosedur analitik, pengujian rincian transaksi, prosedur rincian saldo, dan terakhir yaitu memverifikasi penyajian dan pengungkapan kas. Dalam pengujian terhadap akun rinci, auditor menempuh audit berikut ini : (1) menghitung kas yang ada ditangan klien, (2) melakukan rekonsiliasi catatan kas klien dengan rekening Koran bank yang bersangkutan, (3) melakukan konfirmasi saldo kas di bank ,(4) memeriksa cek yang beredar pada tanggal neraca ke dalam rekening Koran bank. Program audit saldo kas pada perbankan Program Audit saldo kas pada Perbankan dilakukan secara kritis dan sistematis, oleh pihak yang independen terhadap laporan keuangan Bank yang telah disusun oleh manajemen beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya dengan tujuan untuk memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut. PROSEDUR AUDIT PERBANKAN Jenis-jenis Akun Bank : Untuk memaksimalkan posisi kas, entitas melaksanakan prosedur yang mempercepat penagihanpenerimaan kas dan menunda pembayaran pengeluaran kas. Dengan prosedur tersebut, dihasilkanpendapatan bunga atas kelebihan kas atau berkurangnya biaya pinjaman tunai.Berikut ini adalah jenis akun bank yang biasa digunakan : Akun kas umum Akun kas umum merupakan akun kas utama bagi kebanyakan entitas. Sumber utama penerimaankas untuk akun ini adalah proses pendapatan, sedangkan sumber utama pengeluaran kas adalahproses pembelian dan sumber daya manusia. Akun kas impress Akun bank impress berisikan sejumlah uang tertentu yang digunakan untuk tujuan terbatas.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Akunimpress sering kali digunakan untuk pembayaran gaji dan cek dividen. Untuk keperluan penggajian digunakan akun bank terpisah bersaldo minimum. Pengeluaran dapat dilakukan menggunakan cekatau setoran langsung.
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Spring '18
  • Kamaludin

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern