FAKTOR_INTERNAL_DAN_EKSTERNAL_MANAJEMEN.docx

FAKTOR_INTERNAL_DAN_EKSTERNAL_MANAJEMEN.docx - BAB I...

This preview shows 1 out of 4 pages.

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Lingkungan dunia yang mengalami perubahan seperti adanya globalisasi, control masyarakat, perkembangan teknologi, memberikan dampak bagi perkembangan suatu negara maupun bisnis. Control masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan maupun perusahaan, sehingga pemerintah maupun pemimpin perusahaan tidak dapat membuat kebijakan yang mengabaikan kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu dalam menjalankan kegiatannya perlu adanya keselarasan antara kompetensi yang dimiliki perusahaan maupun pemerintah dengan lingkungan yang ada di luar organisasi (perusahaan dan pemerintah). Pertimbangan global praktis berdampak pada keputusan strategis, batas- batas negara diabaikan.Untuk mengetahui dan menghargai dunia dari perspektif orang lain telah menjadi masalah hidup atau mati untuk bisnis. Dengan demikian perlu adanya kegiatan dalam pengambilan keputusan yang disesuaikan antara kemampuan yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di sekitar sehingga perlunya adanya manajemen strategi. Menopang manajemen strategis tergantung pada manajer mendapat pengertian mengenai pesaing, pasar, harga, pemasok, distributor, pemerintah, kreditor, pemegang saham dan pelanggan diseluruh dunia. Harga dan mutu dari produk dan jasa perusahaan harus dapat bersaing di seluruh dunia, bukan hanya di pasar lokal. 1.2 Manfaat Manajemen strategis memungkinkan suatu organisasi untuk lebih proaktif ketimbang reaktif dalam membentuk masa depan sendiri, hal itu memungkinkan suatu organisasi untuk mengawali dan mempengaruhi aktivitas sehingga dapat mengendalikan tujuannya sendiri. 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Manfaat manajemen strategis menurut David (2002:15) seperti : a. membantu oganisasi membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis, logis, rasional pada pilihan strategis. b. Merupakan sebuah proses bukan keputusan atau dokumen. Tujuan utama dari proses adalah mencapai pengertian dan komitmen dari semua manajer dan karyawan. c. Proses menyediakan pemberdayaan individual. Pemberdayaan adalah tindakan memperkuat pengertian karyawan mengenai efektivitas dengan mendorong dan menghargai mereka untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan atihan inisiatif serta imajinasi. d. Mendatangkan laba e. Meningkatkan kesadaran ancaman eksternal f. Pemahaman yang lebih baik mengenai strategi pesaing g. Meningkatnya produktivitas karyawan h. Berkurangnya penolakan terhadap perubahan i. Pemahaman yang lebih jelas mengenai hubungan prestasi penghargaan 2
Image of page 2
BAB II PEMBAHASAN 2.1 Menilai Faktor Internal Konsep Dasar Perencana Strategi memusatkan organisasi pada pengembangan tujuan dan strategi untuk berperan besar pada kekuatan internal dan memperdaya kelemahan. Kekuatan UKM yang tidak mudah disamai atau ditiru oleh pesaing serta berkompetisi mengambil keuntungan dari kemampuan yang berbeda, meningkatkan kelemahan UKM dan mengaliihkan menjadi kekuatan Analisa Kompetensi Perencana Strategi berkompeten dalam menghimpun & mengasimilasi informasi dari : Manajemen , Pemasaran, Finance /Accounting, Produksi /Operations, Riset & Pengembangan,Sistem informasi manajemen.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
You've reached the end of this preview.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern