bab5_mke.pdf - 5 TURBIN GAS Pada turbin gas pertama-tama...

This preview shows 1 out of 4 pages.

5 TURBIN GAS Pada turbin gas, pertama-tama udara diperoleh dari udara dan di kompresi dengan menggunakan kompresor udara. Udara kompresi kemudian disalurkan ke ruang bakar, dimana udara dipanaskan. Udara panas kemudian dialirkan ke sudu bergerak sehingga menimbulkan gerak putar pada runner. Selama proses ini udara berekspansi dan akhirnya dibuang ke atmosfir. Bagian utama dari daya yang dihasilkan turbin digunakan oleh kompresor. Daya sisanya dimanfaatkan untuk kerja eksternal. Perbandingan Antara Turbin Gas Dengan Turbin Uap Berikut ini adalah perbandingan antara turbin gas dengan turbin uap. No. Turbin Gas Turbin Uap 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Komponen pentingnya adalah kompresor dan ruang bakar. Berat turbin per daya kuda yang dihasilkan lebih kecil. Memerlukan ruang yang sedikit untuk instalasi. Biaya instalasi dan operasi lebih sedikit. Menghidupkan turbin lebih mudah dan cepat. Pengontrolan, dengan kondisi beban yang berubah, lebih mudah. Turbin gas tidak bergantung pada suplai air. Efisiensinya rendah. Komponen pentingnya adalah ketel uap dan asesoris. Berat turbin per daya kuda yang dihasilkan lebih besar. Memerlukan ruang yang lebih besar untuk instalasi. Biaya instalasi dan operasi lebih besar. Menghidupkan turbin (start) lebih susah dan membutuhkan waktu yang lama. Pengontrolan, dengan beban yang berubah, susah. Turbin uap bergantung pada suplai air. Efisiensinya lebih tinggi.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

80 Mesin Konversi Energi Klasifikasi Gas Turbin Turbin gas bisa diklasifikasikan dengan banyak cara, berikut ini beberapa klasifikasi turbin gas: 1. Berdasarkan lintasan fluida kerja: (a) turbin gas siklus tertutup, (b) turbin gas siklus terbuka, dan (c) turbin gas setengah tertutup. 2. Berdasarkan proses penyerapan panas: (a) turbin gas tekanan konstan dan (b) turbin gas volume konstan. Turbin Gas Siklus Tertutup Gambar 1. Skema susunan gas turbin siklus tertutup Turbin gas siklus tertutup terdiri dari sebuah kompresor, ruang pemanas (heating chamber), turbin gas yang menggerakkan generator dan kompresor, dan ruang pendingin (cooling chamber). Gambar skematik turbin gas siklus tertutup diperlihatkan oleh gambar 1. Pada turbin ini, udara dikompresi secara adiabatis (umumnya dengan kompresor rotari) dan diteruskan ke ruang pemanas. Udara kompresi dipanaskan dengan bantuan sumber eksternal, dan dialirkan ke sudu turbin (biasanya jenis reaksi). Gas ketika mengalir di sudu akan berekspansi. Dari turbin, gas diteruskan ke ruang pendingin dimana didinginkan pada tekanan konstan dengan bantuan sirkulasi air sampai temperatur awal. Gas turbin siklus tertutup bekerja berdasarkan siklus Joule seperti yang diperlihatkan gambar 2. Asyari D. Yunus Teknik Mesin, Universitas Darma Persada - Jakarta
Image of page 2
Turbin Gas 81 Gambar 2. Gas turbin siklus tertutup tekanan konstan. Proses 1-2 memperlihatkan pemanasan udara di dalam ruang pemanas pada tekanan konstan. Proses 2-3 memperlihatkan ekspansi isentropik udara di dalam turbin. Proses 3-4 memperlihatkan pendinginan udara pada tekanan konstan di ruang pendingin. Terakhir, proses 4-1 memperlihatkan kompresi isentropik udara di kompresor.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
You've reached the end of this preview.
  • Spring '18

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern