audit utang.docx - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang...

This preview shows page 1 - 3 out of 12 pages.

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Audit terhadap siklus pengeluaran mencakup dua pendekatan yaitu pengujian kepatuhan dan pengujian substansi. Pengujian kepatuhan bertujuan untuk memahamai struktur pengendalian intern terhadap siklus penjualan, yang selanjutnya digunakan sebagai dasar pengujian substansi. Pengujian substansi dimaksudkan untuk melakukan verifikasi terhadap kelayakan jumlah rupiah serta kesesuaian penyajiannya dengan prinsip akuntansi yang diterapkan di Indonesia. Kedua pendekatan ini sangat berbeda dalam imlpementasinya, sehingga program audit untuk yang kedua pendekatan tersebut juga sangat berbeda. Sebelum membahas lebih lanjut siklus pengeluaran ini, terlebih dahulu perlu dijelaskan pengertian pengeluaran yaitu adalah rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa Dalam pembahasan ini, sistem penjualan tidak dibahas mengingat keterbatasan ruang lingkup pembahasan. Dengan demikian kami disini akan membahas salah satu aspek mengenai aktiva tetap yaitu, Audit terhadap siklus pengeluaran: Pengujian substantif terhadap aktiva tetap. 1.2 Rumusan Masalah 1. Bagaimanakah Perbedaan karakteristik utang lancar dengan aktiva lancar? 2. Bagaimanakah Perbedaan pengujian substantif utang lancar dengan aktiva lancar? 3. Apa saja PABU yang terdapat dalam penyajian utang? 4. Apa tujuan pengujian substantif utang? 5. Apa saja Dokumen utang? 6. Bagaimana Catatan untuk utang? 7. Bagaimanakah Prosedur audit utang 1.3 Tujuan Penulisan Penulisan makalah ini juga dilakukan untuk memenuhi beberapa tujuan yang akan dicapai dan diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. Tujuan tersebut antara lain adalah: 1. Mampu Mengidentifikasikan Perbedaan karakteristik utang lancar dengan aktiva lancar 1
Image of page 1
2. Mampu Mengidentifikasi Perbedaan pengujian substantif utang lancar dengan aktiva lancar 3. Mampu Memaparkan PABU yang terdapat dalam penyajian utang 4. Mampu Memaparkan apa saja tujuan pengujian substantif utang. 5. Mampu Mengetahui tujuan pengujian substantif utang. 6. Mampu Memaparkan apa sja yang termasuk dokumen utang. 7. Mampu Memahami bagaimana Catatan untuk utang. 1.4 Manfaat Penulisan Manfaat Penulisan Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, yaitu : a. Bagi Penulis Memenuhi tugas dari mata kuliah Auditing 2 dan mendapatkan nilai yang memuaskan dari tugas makalah ini, Serta menambah wawasan baru. b. Bagi Pembaca Menambah wawasan, referensi, dan informasi bagi pembaca agar mengetahui lebih lanjut mengenai permasalahan audit yang kita bahas dalam pembahasan ini. BAB II PEMBAHASAN 2.1. Perbedaan karakteristik utang lancar dengan aktiva lancar 1. Dalam menyajikan aktiva lancar, klien berkecenderungan umum untuk menyajikan aktiva tersebut lebih tinggi dari jumlah yang senyatanya. Dan menurunkan jumlah utang lancar, umumnya dengan cara tidak mencatat utang lancar sehingga terdapat utang yang yang tidak dicatat pada tanggal neraca (unrecorded liabilities) . Kedua hal ini didorong oleh motif untuk
Image of page 2

Want to read all 12 pages?

Image of page 3

Want to read all 12 pages?

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 12 pages?

  • Spring '17

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern