full disclosure.docx - PRINSIP PENGUNGKAPAN 1 Pengungkapan...

This preview shows page 1 - 3 out of 6 pages.

PRINSIP PENGUNGKAPAN 1. Pengungkapan yang cukup (Adequate) Disclosure yang minimal harus ada sehingga ikhtisar-ikhtisar keuangan menjadi tidak menyesatkan. 2. Wajar (Fair Disclosure) Tersirat tujuan-tujuan etis untuk memberikan perlakuan yang sama kepada semua pihak yang merupakan pembaca potensi pembaca potensial dari laporan keungan. 3. Lengkap (Full) Berarti penyajian semua informasi yang relevan. Bagi beberapa pihak Full Disclosure berarti penyajian informasi secara berlebih-lebihan dan karenanya tidak tepat. Informasi yang berlebih-lebihan adalah berbahaya karena penyajian informasi dengan detail terlalu banyak justru akan menyembunyikan informasi yang penting dan membuat laporan keuangan menjadi sukar diinterpretasikan. Yang paling umum digunakan dari ketiga konsep diatas adalah pengungkapan yang cukup (Adequate). CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN merupakan alat akuntansi untuk merinci atau menjelaskan pos-pos yang disajikan dalam batang tubuh laporan keuangan. Informasi yang berkaitan dengan pos-pos spesifik dari laporan keuangan dapat dijelaskan dalam istilah kualitatif, dan data-data pelengkap yang bersifat kuantitatif dapat disediakan untuk memperluas informasi dalam laporan keuangan. Kebijakan Akuntansi Kebijakan akuntansi adalah prinsip, dasar, konvensi, peraturan dan praktik tertentu yang diterapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan. Hal ini akan mempengaruhi pengakuan, pengukuran dan penyajian atas elemen seperti aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan dan beban, pada laporan keuangan. PENGUNGKAPAN UTAMA INVENTORY. Perusahaan harus melaporkan dasar bagi jumlah persediaan dinyatakan (lower-of-cost-or-net realizable value) dan metode dalam menentukan biaya (FIFO, average cost, d11). Produsen h baik dalam laporan posisi keuangan atau dalam suatu dafta yang digunakan irus melaporkan, terpisah dalam catatan, komposisi persediaan (barang jadi, barang dalam proses, bahan baku). Pembiayaan yang tidak biasa atau signifikan yang berkaitan dengan persediaan yang mungkin memerlukan pengungkapan termasuk transaksi denffln pihak terkait, pengaturan pembiayaan produk, komitmen pembelian, dan penjaminan persediaan sebagai agunan. PROPERTY, PLANT, AND EQUIPMENT. Perusahaan hams menyatakan dasar penilaian untuk property, plant, and equipment, dan (misalnya, revaluasi atau biaya historis). Ini biasanya biaya historis. Perusahaan juga hams mengungkapkan perjanjian, hak gadai, dan komitmen lain yang berkaitan dengan aset-aset ini. Dalam penyajian penyusutan, pemsahaan hams mengungkapkan hal-hal berikut dalam laporan keuangan atau dalam catatan: (1) penyusutan beban untuk periode; (2) kelas buku besar aset tetap, dasarnya dan fungsinya, pada tanggal laporan; (3) akumulasi penyusutan, baik oleh kelompok utama aset tetap atau secara total, pada tanggal laporan, dan (4) gambaran umum tentang metode atau metode yang digunakan dalam menghitung penyusutan sehubungan dengan kelas utama aktiva disusutkan.
Image of page 1
CREDITOR CLAIMS. Investor biasanya menemukan manfaat memahami sifat dan biaya klaim kreditur. Namun, bagian kewajiban dalam laporan posisi
Image of page 2

Want to read all 6 pages?

Image of page 3

Want to read all 6 pages?

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 6 pages?

  • Spring '16

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern