rmk 7.docx - MUHAMMAD FAIRUZ FAJRIN A31116512 RMK 7...

This preview shows page 1 - 3 out of 6 pages.

MUHAMMAD FAIRUZ FAJRIN A31116512 RMK 7 “Pengukuran Kinerja di Perusahaan Terdesentralisasi” Desentralisasi dalam Organisasi Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi. Dapat disimpulkan bahwa Desentralisasi Organisasi adalah Sebuah organisasi yang terdesentralisasi (decentralized organization), wewenang pengambilan keputusannya tidak diserahkan pada beberapa orang eksekutif puncak, melainkan disebarkan diseluruh organisasi. Akuntansi Pertanggungjawaban Organisasi terdesentralisasi memerlukan sistem akuntansi tanggung jawab yang menghubungkan otoritas pengambilan keputusan manajer tingkat rendah dengan akuntabilitas untuk hasil dari keputusan tersebut. Pusat tanggung jawab istilah digunakan untuk setiap bagian dari organisasi yang manajernya memiliki kendali atas dan bertanggung jawab atas biaya, laba, atau investasi. Tiga tipe pusat tanggung jawab utama adalah pusat biaya, pusat laba, dan pusat investasi. Desentralisasi dan Pelaporan Segmen Desentralisasi yang efektif membutuhkan pelaporan tersegmentasi. Segmen adalah bagian atau kegiatan dari suatu organisasi tentang manajer mana yang menginginkan biaya, pendapatan, atau data laba. Pusat biaya, laba, dan investasi adalah segmen seperti wilayah penjualan, toko individu, pusat layanan, pabrik manufaktur, departemen pemasaran, pelanggan perorangan, dan lini produk. Kemampuan drill-down ini membantu manajer untuk mengidentifikasi sumber-sumber kinerja finansial yang kuat atau lemah secara keseluruhan. Dalam hal ini, kita belajar bagaimana menyusun laporan laba rugi untuk segmen bisnis. Laporan laba rugi tersegmentasi ini berguna dalam menganalisis profitabilitas segmen dan dalam mengukur kinerja para manajer segmen.
Image of page 1
Rintangan Untuk Penetapan Biaya Yang Tepat Biaya harus benar ditugaskan ke segmen. Semua biaya yang terkait dengan segmen- dan hanya biaya itu-harus ditugaskan ke segmen tersebut. Sayangnya, perusahaan sering membuat kesalahan saat menugaskan biaya ke segmen. Mereka menghilangkan beberapa biaya, tidak tepat
Image of page 2

Want to read all 6 pages?

Image of page 3

Want to read all 6 pages?

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 6 pages?

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern