RMK 1.docx - MUHAMMAD FAIRUZ FAJRIN A31116512 RMK 1...

This preview shows page 1 - 3 out of 7 pages.

MUHAMMAD FAIRUZ FAJRIN A31116512 RMK 1 AUDITING “AUDITING DAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK” Profesi akuntan publik merupakan profesi kepercayaan masyarakat. Dari profesi akuntan publik, masyarakat mengharapkan penilaian yang bebas dan tidak memihak terhadap informasi yang disajikan oleh manajemen perusahaan dalam laporan keuangan ( Mulyadi dan puradiredja, 1998 : 3 ). Profesi akuntan public bertanggung jawab untuk menaikkan tingkat keandalan laporan keuangan perusahaan, sehingga masyarakt memperoleh informasi keuangan yang andal sebagai dasar pengambilan keputusan. Guna menunjang profesionalismenya sebagai akuntan public maka auditor dalam melaksanakan tugas auditing harus berpedoman pada standar audit yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia ( IAI ) yakni standar umum, standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan. Standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan mengatur auditor dalam hal pengumpulan data dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan selama melakukan audit serta mewajibkan auditor untuk menyusun suatu laporan keuangan yang diauditnya secara keseluruhan. Definisi Auditing Auditing adalah “Report of the Committee on Basic Auditing Concepts of the American Accounting Association” (Accounting Review, vol. 47) dalam Boynton (2003:5) memberikan definisi auditing sebagai: “suatu proses sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan dan peristiwa ekonomi, dengan tujuanmenetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.” Definisi ini juga serupa dengan definisi yang disampaikan oleh Mulyadi (1998:7) yang mengemukakan bahwa “auditing adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan- pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.” Jenis-Jenis Audit a. Audit Laporan Keuangan Audit laporan keuangan (financial statement audit) adalah audit yang dilakukan terhadap laporan keuangan yang disajikan oleh perusahaan untuk menyatakan pendapat apakah laporan-laporan tersebut telah disajikan secara wajar sesuai
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, yaitu prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP). b. Audit Kepatuhan Audit kepatuhan (Compliance audit) adalah audit yang berkaitan dengan kegiatan memperoleh dan memeriksa bukti-bukti untuk menetapkan apakah kegiatan keuangan atau operasi suatu entitas telah sesuai dengan persyaratan, ketentuan, atau peraturan tertentu. Kriteria yang ditetapkan dalam audit jenis ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti kebijakan manajemen, hukum, peraturan atau persyaratan lain dari pihak ketiga. Laporan audit kepatuhan umumnya ditujukan kepada otoritas yang menerbitkan kriteria tersebut dan dapat
Image of page 2
Image of page 3
  • Spring '16

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern