BAB I.pdf - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Tempat...

This preview shows 1 out of 3 pages.

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) adalah tempat untuk nelayan memasarkan hasil tangkapannya. Tempat pelelangan ikan juga mempunyai tujuan utama yaitu untuk menarik sejumlah konsumen ikan sehingga nelayan dapat menjual hasil tangkapannya dengan mudah dan mendapatkan harga yang baik serta dapat menciptakan pasaran yang sehat melalui lelang murni. Selain itu, TPI memiliki fungsi pokok sebagai prasarana pendukung aktivitas nelayan untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan di laut, penanganan dan pengolahan hasil ikan tangkapan dan pemasaran bagi ikan hasil tangkapannya serta sebagai tempat untuk melakukan pengawasan kapal ikan. Berdasarkan fungsi itu, maka tujuan dan sasaran yang hendak dicapai oleh TPI ini adalah pelayanan yang diberikan diharapkan produktivitas kapal dan pendapatan nelayan akan meningkat. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 10 tahun 2010 tentang pengelolaan dan retribusi tempat pelelangan ikan di Kabupaten Kendal, menyebutkan bahwa untuk menjamin keseimbangan pengelolaan tempat pelelangan ikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup nelayan/masyarakat pesisir di Kabupaten Kendal, perlu mengatur mengenai pengelolaan tempat pelelangan ikan. Desa Gempolsewu sebagai salah satu kawasan pesisir Kabupaten Kendal memiliki potensi bahari yang cukup besar. Salah satunya adalah keberadaan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Tawang. Selain itu terdapat aktivitas perdagangan dan
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

2 pengolahan hasil laut, namun masih belum tumbuh optimal untuk menumpu perekonomian masyarakat. Salah satu penyebab dari permasalahan tersebut adalah terdapat aktivitas pengijon yang dapat mempengaruhi aktivitas di ruang ekonomi kawasan TPI Tawang. Pengaruh tersebut dapat berupa penurunan aktivitas dan peningkatan aktivitas. Menurut Radio Swara Kendal 93 FM mengatakan bahwa sampai saat ini, masih banyak nelayan yang kesejahteraan cukup memprihatinkan. Salah satu penyebabnya karena ikan hasil tangkapannya dijual dengan harga murah. Kondisi tersebut karena para nelayan masih terperangkap dengan para pengijon, sehingga tidak berdaya dengan para pengijon yang membeli ikan hasil tangkapannya dengan harga yang murah. Untuk itu, pihak dinas akan berupaya menghidupkan koperasi dan KUD. Harapannya agar bisa membantu para nelayan yang mebutuhkan modal untuk melaut. “Koperasi atau KUD itu, nantinya akan memberikan pinjaman lunak kepada para nelayan yang membutuhkan modal. Berdasarkan Suara Merdeka Kamis, 19 Januari 2017 menyatakan bahwa salah seorang nelayan dan petugas TPI Tawang yang menghendaki penghapusan sistem ijon. Sistem ijon sangat merugikan karena hasil tangkapan ikan tidak masuk ke TPI, hasil tangkapan tersebut diberikan kepada pengijon dengan harga murah. Terjerat utang kondisi itu kerap menjadikan nelayan tidak berkutik dan terjerat utang. Kondisi ini sangat memengaruhi perekonomian nelayan. Hasil tangkapan nelayan tidak semuanya dijual ke TPI, melainkan ke pengijon.
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Fall '14
  • jenes

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern