pertemuan-03-04-dan-05-penganggaran-modal.pdf - MANAJEMEN...

This preview shows 1 out of 4 pages.

MANAJEMEN KEUANGAN II INVESTASI DALAM AKTIVA TETAP: PENGANGGARAN MODAL Rowland Bismark Fernando Pasaribu UNIVERSITAS GUNADARMA PERTEMUAN 03, 04, dan 05 EMAIL: rowland dot pasaribu at gmail dot com
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Rowland Bismark F. Pasaribu PERTEMUAN 03, 04, dan 05 | 1 PENGANGGARAN MODAL Pengantar Setiap tahun kita membaca bahwa perusahaan-perusahaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri melakukan investasi dalam jumlah yang signifikan. Pertanyaan yang relevan bagaimana investasi tersebut dianalisa hingga perusahaan bisa sampai kepada kesimpulan yang “berani” untuk memutuskan suatu investasi dijalankan. Investasi di sini bisa berupa apa saja, mulai dari (ukuran akan sangat relatif, tergantung sudut pandang perusahaan) Dari sisi jumlah head2right Jumlah Rupiah kecil head2right Jumlah Rupiah sedang head2right Jumlah Rupiah signifikan Dari sisi berapa kali pengeluaran dilakukan: head2right Satu kali sekaligus head2right Dilakukan dalam beberapa tahap setiap periode dengan interval tetap head2right Dilakukan dalam beberapa taham setiap periode dengan interval tidak tetap Dari sisi jangka waktu proyek: head2right Satu tahun/periode (single year) head2right Beberapa tahun/periode (multiple years) Dari sisi lokasi investasi: head2right Proyek dalam negeri head2right Proyek di luar negeri untuk satu negara head2right Proyek di beberapa negara Dari sisi mata uang investasi: head2right Mata uang Rupiah head2right Mata uang Dolar Amerika Serikat head2right Mata uang selain Rupiah dan/atau US Dolar Dari sisi resiko: head2right Resiko rendah head2right Resiko menengah head2right Resiko tinggi Dari sisi tingkat toleransi resiko:
Image of page 2
Rowland Bismark F. Pasaribu PERTEMUAN 03, 04, dan 05 | 2 head2right Resiko yang masih dapat ditoleransi atau diterima head2right Resiko yang tidak dapat ditoleransi atau tidak dapat diterima Dari sisi keterlibatan departemen/divisi dalam proyek: head2right Hanya melibatkan 1 (satu) departemen/divisi head2right Melibatkan lebih dari 1 (satu) departemen/divisi atau lintas departemen/divisi Brigham, Eugene F. dan Phillip R. Daves dalam bukunya Intermediate Financial Management – Edisi 9 (2007) memberikan beberapa kategori proyek: Penggantian (Replacement) yang bersifat hanya untuk mempertahankan atau memelihara bisnis yang saat ini sedang dijalankan. Penggantian yang merupakan bagian dari perbaikan dan pemeliharaan rutin dari suatu perusahaan, baik menyangkut misalnya pemeliharaan gedung atau mesin-mesin peralatan kerja dengan mengecat ulang atau mengganti bagian-bagian yang telah aus baik karena waktu maupun penggunaan, umumnya perlu dilakukan guna mempertahankan kemampuan aset untuk terus dapat digunakan dalam tingkat yang layak. Pertanyaan yang relevan untuk diajukan dalam proses ini adalah : (a) apakah operasional saat ini akan tetap dilanjutkan, dan (b) apakah perusahaan akan tetap melanjutkan usahanya dengan mempertahankan penggunaan proses produksi yang sama? Jawabannya dapat berupa ya atau tidak.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
You've reached the end of this preview.
  • Fall '14
  • jenes

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern