Penjelasan PPN dan PPNBM serta perhitungannya..pdf

Penjelasan PPN dan PPNBM serta perhitungannya..pdf - 1 BAB...

This preview shows 1 out of 4 pages.

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pajak merupakan kewajiban warga negara yang menunjukan peran serta dari seluruh masyarakat dalam pembiayaan pemerintah untuk menjalankan pemerintahan dan pembangunan. Pajak telah terbukti menjadi sumber utama dalam APBN Indonesia yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembiayaan pengeluaran negara yang bersumber dari pajak menunjukan adanya kemandirian bangsa untuk mencapai cita-cita luhur dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pajak pada dasarnya merupakan peralihan sebagian kekayaan dari masyarakat kepada negara yang dimungkinkan oleh Undang-Undang Pajak. Peralihan kekayaan tersebut membuat pajak dipandang dari dua sisi yang berbeda. Bagi masyarakat seringkali pajak dinggap sebagai beban. Di sisi lain bagi pemerintah dan fiskus pajak harus dipungut karena terbukti pajak memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap penerimaan pajak, baik dengan usaha intensifikasi maupun ekstensifikasi pajak. Jenis pajak yang seringkali kita temui dikehidupan sehari-hari adalah PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Kedua jenis pajak ini sangat memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi pembangunan negara ini, karena pajak tersebut yang sering atau acapkali kita bayarkan baik secara langsung maupun tidak langsung dikehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara kita tidak hanya sekadar mengetahui secara sepintas tentang PPN dan PPnBm, tetapi juga harus mendalami bagaimana sebenarnya kedua jenis pajak ini serta seluk beluk yang menyangkut hal tersebut. Dengan kata lain agar tidak naïf dalam hal-hal yang menyangkut kewajiban kita sebagai warga negara. 1.2. Tujuan Adapun tujuan dari makalah tentang PPN dan PPnBM ini adalah : 1. Untuk dapat mengetahui konsep dasar pemungutan PPN dalam objek, tarif, dan perhitungannya.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

2 2. Agar mengetahui tentang Faktur pajak baik itu tentang persyaratan maupun fungsinya. 3. Untuk dapat mengetahui cara perhitungan PPN, saat terhutang dan tentang pembayaran PPN. 4. Agar dapat mengetahui secara jelas dasar pengenaan PPnBM. 5. Untuk dapat mengetahui penerapan tarif dan pelaporan pada PPnBM. 1.3. Manfaat Selain tujuan, adapula manfaat yang didapat dari makalah tentang PPN dan PPnBM ini yaitu agar mahasiswa fakultas ekonomi terutama jurusan akuntansi dapat memahami secara mendalam tentang semua hal yang berkaitan dengan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Selain itu, tidak hanya sekedar mengetahui secara teori, tetapi juga dapat mengaplikasikan dikehidupan sehari-hari.
Image of page 2
3 BAB II PEMBAHASAN 2.1. PPN (Pajak Pertambahan Nilai) A. Pengertian dan Dasar PPN Pajak Pertambahan Nilai (PPN) mulai diperkenalkan di Indonesia sejak 1 april 1985 untuk menggantikan Pajak Penjualan (PPn). Hal ini dituangkan dalam UU No 8 tahun 1983.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
You've reached the end of this preview.
  • Fall '17

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern