BAB I.docx - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah...

This preview shows 1 out of 3 pages.

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah aspek universal yang selalu dan harus ada dalam kehidupan manusia. Tanpa ada pendidikan, kehidupan manusia tentu akan mengarah kepada kehidupan statis, tanpa kemajuan, bahkan bisa mengalami kemunduran dan kepunahan. Seiring berjalannya waktu dan semakin pesatnya tingkat intelektualitas serta kualitas kehidupan, maka dimensi pendidikan pun menjadi lebih kompleks. Oleh karena itu, tentu saja hal ini membutuhkan sebuah desain pendidikan yang tepat dan sesuai dengan kondisinya. Sehingga berbagai teori, metode dan desain pembelajaran serta pengajaran pun dibuat dan diciptakan untuk mengapresiasikan semakin beragamnya tingkat kebutuhan dan permasalahan pendidikan. Guru di dalam melaksanakan pembelajaran, juga harus bisa memilih maupun menetapkan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat di kelas sehingga hasil pembelajaran lebih optimal, selayaknya seseorang dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari yang harus mampu menetapkan sasaran yang hendak dicapai. Guru pun demikian, harus bisa menetapkan pendekatan pembelajaran yang tepat. Dalam bidang studi matematika, pendekatan pembelajaran atau sering disebut pendekatan pembelajaran matematika sangat penting diterapkan. Dimana pendekatan pembelajaran matematika ini adalah suatu cara yang ditempuh guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar konsep yang disajikan dapat diadaptasikan oleh siswa. Biasanya sering kali terjadi miskonsepsi antara guru dengan siswa akan suatu materi atau pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru tersebut belum dapat menetapkan pendekatan pembelajaran yang cocok untuk diterapkan. Apalagi dalam pembelajaran matematika yang sering menuntut siswa agar mempunyai pola pikir sistematis, logis dan kritis dalam pemecahan permasalahan yang dihadapinya. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa masing – masing individu akan memilih cara dan gayanya sendiri untuk belajar dan mengajar, namun setidak- tidaknya ada karakteristik tertentu dalam pendekatan pembelajaran tertentu yang khas 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

dibandingkan dengan pendekatan lain. Salah satu contoh pendekatan matematika yang akan dibahas dalam adalah pendekatan konstruktivisme. Martin. Et. Al (dalam Gerson Ratumanan, 2002) mengemukakan bahwa konstruktivisme menekankan pentingnya setiap siswa aktif mengkonstruksikan pengetahuan melalui hubungan saling mempengaruhi dari belajar sebelumnya dengan belajar baru. Hubungan tersebut dikonstruksikan oleh siswa untuk kepentingan mereka sendiri. Elemen kuncinya adalah bahwa orang belajar secara aktif mengkonstruksikan pengetahuan mereka sendiri, membandingkan informasi baru dengan pemahaman sebelumnya dan menggunakannya untuk menghasilkan pemahaman baru. Untuk itu, setiap pelajaran di sekolah perlu diarahkan untuk selalu mendidik siswa agar mengkonstruksikan pengetahuannya. Pengkonstruksian ini bertolak dari proses pembelajaran yang bermakna. Kebermaknaan pembelajaran matematika dapat membangun suatu konsep matematika pada diri siswa. Sebuah konsep terbentuk melalui pengalaman nyata yang
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Fall '17
  • Prof. Jalius Jama

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern