Paper-InfrastrukturJalanPerdesaandanKesejahteraan.doc

Paper-InfrastrukturJalanPerdesaandanKesejahteraan.doc -...

This preview shows page 1 - 2 out of 7 pages.

Konferensi Nasional Teknik Sipil 10 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 26-27 Oktober 2016 1 PENGARUH KONDISI JALAN DESA TERHADAP PEREKONOMIAN WILAYAH Dwi Ardianta Kurniawan 1 1 Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Email: [email protected] ABSTRAK Prasarana jalan memiliki peran vital untuk mendukung aktifitas sosial ekonomi masyarakat. Peran tersebut dinikmati oleh para pelaku ekonomi, baik sebagai penghasil, distributor/pedagang maupun pemakai. Produsen memanfaatkan jalan sebagai prasarana untuk mendapatkan bahan baku maupun pemasaran, distributor memanfaatkan jalan untuk mengangkut barang dagangannya ke pengecer maupun konsumen akhir, sementara konsumen mendapatkan keuntungan dari kualitas jalan yang baik dengan akses yang mudah dan harga barang yang lebih murah. Dalam lingkup regional, kondisi jalan yang lebih baik akan mendorong peningkatan nilai ekonomi suatu wilayah dengan berkembangnya aktifitas produktif di masyarakat. Kondisi jalan berpengaruh bukan hanya pada level antar wilayah, baik antar kecamatan maupun antar kabupaten, namun juga pada tingkat lokal, yaitu kondisi internal di suatu desa. Oleh karena itu, kerusakan jalan yang ada pada tingkat lokal akan berpengaruh terhadap aktifitas ekonomi yang tumbuh di wilayah tersebut. Kajian ini akan menganalisis sejauhmana pengaruh kondisi prasarana jalan pada tingkat desa terhadap perekonomian suatu wilayah. Metode yang dipergunakan adalah metode ekonometrik, dengan data panel atau cross section . Analisis dilakukan pada tingkat provinsi, dengan data kondisi prasarana jalan pada level desa diperoleh dari Data Potensi Desa, sementara kondisi perekonomian wilayah diperoleh dari data Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB). Kedua data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Hasil kajian diharapkan akan menjadi masukan bagi pemegang kebijakan, khususnya pada tingkat desa. Hal ini sangat relevan dengan semakin meningkatnya peran desa, khususnya dengan digulirkannya Dana Desa sebagai sumber dana yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian di perdesaan, salah satunya dengan peningkatan kualitas prasarana jalan. Kata kunci: prasarana jalan, kondisi, perekonomian wilayah, desa 1. PENDAHULUAN Perhatian pada wilayah perdesaan penting dilakukan karena masih besarnya jumlah penduduk yang tinggal di wilayah tersebut, walaupun semakin kecil dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, prosentase penduduk perdesaan diperkirakan sebesar 46,7% dari total penduduk, atau menurun dari 50,2% pada tahun 2010. Prosentase ini diperkirakan akan semakin menurun hingga 43,3% pada tahun 2020 dan 40,0% pada tahun 2025. Meskipun demikian, prosentase penduduk miskin tetap lebih banyak berada di perdesaan, sebagaimana data Badan Pusat Statistik dalam Tabel 1.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Image of page 2
You've reached the end of this preview.
  • Fall '15
  • Student

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern