Notulensi - SZK.doc - Notulen Workshop 6-7 Maret 2007...

This preview shows page 1 - 3 out of 5 pages.

Notulen Workshop 6-7 Maret 2007 Tanggal 7 Maret 2007 – Sesi 7 (diskusi) 1. DR. Bambang Sulistiyantoro (IPB) - Bahan kayu efektif sebagai tandon carbon, pengembangan perumahan dari kayu bagus untuk skala global. Agar supaya sisi produksi kayu terpacu maka hutan produksi harus dijadikan sebagai pemasok bahan bangunan. - Konsep perencanaan RTH harus masuk dalam perencanaan kapling dan kawasan perumahan. Hal penting yang harus diperhatikan: 1) orientasi bangunan sebaiknya diletakan dengan orientasi U-S, 2) penempatan pohon dapat berfungsi sebagai penahan panas matahari sehingga pohon yang tinggi sebaiknya ditempatkan di bagian barat - Konsep roofgarden efektif menyerap panas dan bisa ditempatkan di bagian atap atau dinding bangunan. Roof garden yang diterapkan di Rumah Sakit di Singapura berfungsi sebagai terapi bagi para pasien juga dapat mengurangi kebutuhan pemakaian listrik 2. DR. Heru w. Purbo (ITB) - Penataan kawasan dengan pola “culdesac” agak sulit untuk pejalan kaki karena jalan menjadi lebih jauh dan sulit untuk dilalui kendaraan umum karena bentuk jalan yang buntu. Pola ini bisa menjadi efisien bila ditambah dengan jalan tembus sebagai jalan potong - Penataan kawasan dengan pola “grid” adalah suatu bentuk yang ideal tetapi kurang berorientasi. - Kasus di perumahan Sarijadi: 1) Pola grid masih dapat memberikan orientasi dengan adanya hierarhi lebar jalan antara jalan utama dan jalan sekunder. 2) Terjadi konversi minor dari sarana umum jalan dimana sebagian jalan dijadikan sebagai tempat parkir dan tempat tanaman dalam pot - Konsep disain bangunan (Kobayashi) dengan bagian belakang berbentuk kubus sudah diterapkan di Jakarta - Dalam disain perlu memperhitungkan arah angin. Walaupun di daerah tropis kekuatan angin lemah tapi tetap masih bisa dimanfaatkan 3. DR. Priana Sudjono (ITB) - Penting ditekankan bahwa kasus kawasanyang dibahas adalah sebagai suatu simulasi an optimasi. - Simulasi adalah suatu usaha/perhitungan secara sistemastis dengan memeperhitungkan variabel yang ada. Optimasi adalah alat untuk mengambil keputusan. Keputusan disain 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

harus dilakukan berdasarkan simulasi dan optimasi dengan data numerik dannon numerik 4. Purwito, Dipl.E.Eng. (Puslitbang Permukiman)
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Fall '15
  • Student

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern