221528-none.doc - PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BERBEBAN...

This preview shows page 1 - 2 out of 10 pages.

PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BERBEBAN METODE SET DAN METODE SIRKUIT TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN PADA MAHASISWA PUTRA PENKEPOR JPOK FKIP UNS ANGKATAN 2012 HENDRIK PRIYO UTOMO PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRGA JPOK-FKIP-UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA Alamat: Trangkil 06/IV Pati, JawaTengah Alamat E-Mail: [email protected] No. telepon: 085 641 852 342 ABSTRAK Hendrik Priyo Utomo. PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BERBEBAN METODE SET DAN METODE SIRKUIT TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN PADA MAHASISWA PUTRA PENKEPOR JPOK FKIP UNS ANGKATAN 2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara latihan berbeban metode set dan metode sirkuit terhadap kekuatan otot lengan mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS angkatan 2012; (2) Latihan mana yang lebih baik pengaruhnya antara metode set dan metode sirkuit terhadap kekuatan otot lengan pada mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS angkatan 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS yang berjumlah 70 orang, dengan sampel sejumlah 20 orang, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling . Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kekuatan otot lengan. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan alat pull push dynamometer . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara latihan berbeban metode set dan metode sirkuit terhadap kekuatan otot lengan mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS i
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

angkatan 2012, dengan t hitung = 3,305 > t tabel = 2,101; (2) Latihan berbeban metode set lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode sirkuit terhadap kekuatan otot lengan mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS angkatan 2012, dengan peningkatan metode set = 37,55% > metode sirkuit = 26,48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara latihan berbeban metode set dan metode sirkuit terhadap kekuatan otot lengan mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS angkatan 2012; (2) Latihan berbeban metode set lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan metode sirkuit terhadap kekuatan otot lengan mahasiswa putra Penkepor JPOK FKIP UNS angkatan 2012. Kata kunci: latihan berbeban, kekuatan otot lengan, metode set, metode sirkuit PENDAHULUAN Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani, tetapi juga secara rohani. Olahraga juga dapat diartikan sebagai serangkaian gerak tubuh yang teratur dan terencana untuk memelihara dan meningkatkan jasmani dan rohani. Olahraga dibagi menjadi tiga ranah domain, yaitu olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi. Hal ini tercermin pada tujuan masing-masing individu dalam melakukan olahraga.
Image of page 2
You've reached the end of this preview.
  • Fall '15
  • Student

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern